Suasana sebelum Onan di Parsoburan

Posted on


Inilah suasana jalan utama pada saat ari onan ( hari pasar jatuh pada hari Selasa ) di Parsoburan – Habinsaran sekitar Jam 10.43 Wib pada hari Selasa 26 Juni 2007, geliat keramaian pasarnya baru mulai kelihatan sekitar 11.30 karena para pembeli baru akan sampai pada jam-jam tersebut mengingat begitu jauhnya jarak dari wilayah disekitar parsoburan ke pasar parsoburan dan masih banyak lagi daerah disekitar pasar parsoburan yang masih hanya bisa diakses dengan berjalan kaki, sungguh sayang disini suasana keramaain pasar tidak bisa ditampilkan karena yang mengabil foto ini (St. Pandapotan Sipahutar ) harus segera sudah balik lagi ke Jakarta (foto diambil dengan mempergunakan camera Canon A540) .

About these ads

93 thoughts on “Suasana sebelum Onan di Parsoburan

    Monang Siagian said:
    4 Juli 2007 pukul 4:09 pm

    Onan Parsoburan tidak mungkin bisa dilupakan, karena sejak
    kelas III SD sampai SMP, saya sudah ikut membantu orang tua
    saya marrengge-rengge di salah satu sudut onan Parsoburan.
    Dalam usia seperti itu sebenarnya keinginan kita adalah mardalan-dalam/ mutar-mutar seputar pasar dan onan. Tapi pada saat itu tidak ada pilihan dan harus ikut instruksi dari Ortu. Habis martiga-tiga kira-kira pukul 17.00 kita dapat jatah makan di kode ni si Manik (sekarang kalau tidak salah di teruskan borunya yang menikah dengan orang L.Ruhap). Pengalaman masa kecil banyak mempegaruhi semangat juang untuk bisa berhasil/ mangaranto di Jakarta ini.
    Kalau saya pulang ke Batu Hallung, saya harus usahakan supaya sempat maronan di Parso sambil beli soto do onan.
    Lae Sahat, saya tolong kasi tahu alamat temam-teman yang
    dari Paso, karena belum ada yang saya kenal selain lae Sahat.
    Horas,
    Monang Siagian
    Batu Hallung
    *Habinsaran : :) jadi ingat pengalaman yah , nungga godang donganta parparsoburan dison jadi sering2 ma mampir asa diboto hamu perkembangan ni Parsoburan – Habinsaran, dan tunggu liputan berita dari seluruh wilayah habinsaran saya sedang coba untuk cari kontributronya, horas .

      Siagian Sunggul P. said:
      24 Februari 2010 pukul 3:28 pm

      Halo appara marsisungkunan barita ma jolo hita puang. Diingot ho dope au!sunggul siagian par simpang 3 sebelah ktr polisi.Horas Saya tunggu beritanya

        Monang Siagian said:
        1 Maret 2011 pukul 11:12 pm

        Halo Sunggul , nungnga leleng hulului baritam . Terakhir huboto di Bogor do . Telp hu 0813 8823 2860 .

        Monang Siagian said:
        2 Maret 2011 pukul 1:43 pm

        Boasa ndang ni tanda, nungnga leleng hulului langkam alai ndang marna dapot.
        email hu : monang67@yahoo.co.id
        mauliate

    W.HAVITER PARDOSI said:
    5 Juli 2007 pukul 12:40 pm

    Lae Sahat, Melihat salah satu sudut pasar Parsoburan dalam Foto ini sangatlah jauh berbeda dengan tahun2 dimana saya setiap hari melintasinya dahulu pada masa sekolah di SMP. Singkat ttg saya bahwa aku sekolah di SMP Parsoburan Tahun 1973-1796 , kalau dengan Lae Liberty Sipahutar ( Abangnya Lae ) saya masih hafal dan tetentu kami cukup jauh diatas angkatannya Lae ya. Bapak saya dulu sempat mengajar di SMP Parsoburan ( Daulat Pardosi )sebelum pindah ke SMAN Balige dan Kembali Ke SMA Habinsaran hingga beliau Pensiun, ttp saya tidak tau pasti apakah Lae masih sempat kenal beliau karena seingat saya pada Thn 1982 beliau sudah bertugas di Balige, dan barangkali adik paling Bungsu kami Fransegar Pardosi atau Ito Saya Sripitama Pardosi yang mungkin dekat2 satu angkatan dengan Lae. Dan saya sendiri begitu Lulus SMP menjadi BTL ke Bandung Thn 1977 untuk meneruskan sekolah. Setelah menyelesaikan Study thn 1986 saya bolak balik Jakarta – Bandung, efektif mulai thn 1989 saya menetap di Jakarta karena Pekerjaan dan saat ini saya tinggal di daerah Blok A Kebayoran Baru – Jaksel, sudah berkeluarga dengan 2 putra 1 putri.
    Semasa kuliah saya beberapa kali pulang kampung dan tentu saja tidak mau melewatkan Onan Parsoburan berlalu begitu saja sebelum kembali ke Bandung, karena Parsoburan sangat berarti untuk saya. Yang menggembirakan bahwa perlahan walaupun sangat lambat Parsoburan semakin membaik seperti tampak dalam Foto tersebut. Lebih menarik lagi kalau dapat focus objeknya pada saat jam sibuknya Onan, next time barangkali ya Lae. Tetapi intinya, melihat objek foto ini aku langsung rindu pengen pulang kampung. Mauliate, Slamat Bekerja,Horas.
    W.Haviter Pardosi
    *Habinsaran : Mauliate lae , mansai las roha manjaha baritamuna, molo halak tulang dang tangkas be hutanda alana tahun 1984 ahu nungga BTL tu Bogor, saonari ahu karejo di Jakarta, tinggal diBekasi, molo abang Liberty Sipahutar nungga pindah tu onan sau tugasna gae Sek Kecamatan disan ,Horas.

      marganda sitorus said:
      10 September 2009 pukul 6:49 pm

      Horas,..
      Parsoboran adalah tempat saya liburan waktu SD, bapak saya orang bange, di pasar parsoburan ada amang boru saya mantan Dan ramil ( S.E Siagian )

      Tiap kali pulang tu bange saya petik kopi, supaya ada beli makanan saat onan . Kejadian itu sekitar thn 1980-85.
      Dulu kalau maronan masih melihat kuda beban ( hoda boban) yang dibawa oleh orang2 batu hallung , batu manumpak dan parrapparan. Kalau 3 desa ini disebut , saya masih ingat desa ini sangat IDT karena jauh sekali jaraknya dari kota parsoburan

      Saya mempunyai namboru di lumban pinasa, ito saya ada di tornagodang, juga ada di galung. Kalau dari lumban pea sering namboru bawa durian, dulu waktu kesana air minum tidak dimasak, dan sering minum dari pancuran,
      yah… itulah kenang dengan kampung halaman bapak saya

      maddo bea..

      behado bea… kata bea… adalah ciri khas orang parsoburan..
      unang songoni ho bea….

      gbu

    guest parsoburan said:
    6 Juli 2007 pukul 9:49 pm

    Oh, iseng2 cari info parsoburan, eh taunya dapat pic ini. Thanks untuk ito Sahat, kita boleh lepas rindu ke parcob melalui milist ini.
    Apalagi lihat JJR, 122 itu miliknya hutagalung ya?
    Ah, kenangan/pengalaman selama di habinsaran tidak akan mungkin terlupakan, orang2nya ramah dan tidak dibuat2. Kalau ada kesempatan, nanti mau kemabali lagi, heehehe…
    *Habinsaran : semoga , rindu ito sedikit terobati

    Batak News said:
    15 Juli 2007 pukul 1:29 am

    aku tahu, walaupun foto ini tidak lengkap [suasana pasar tidak terlihat] tapi pasti lae sahat berucap dalam hati: “agoi amang, mauliate ma da oppung, tuanima hubereng foto on, sombu siholhu tu huta.” :D ayo ngaku …. :D
    *Habinsaran : Tebakanmu sangat jitu lae, rasa kangen agak terobati.

    shinta said:
    3 September 2007 pukul 2:39 pm

    sering sering dong bikin berita terbaru mengenai parsoburan, walopun aku tinggal dimedan yg notabene deket ma parsoburan,,,tapi tetap aja rindu kampuang, Jadinya pengen liat2 foto. Lucu juga sih liat jjr. Duh jadi pengen pulang kampung parsoburan nih.
    *Habinsaran : Maunya sich ito bisa update, mengenai berita di Parso cuma karena aku tinggal di Jkt jadi agak susah .

    Pangondian Nst said:
    8 September 2007 pukul 2:00 pm

    Horass
    Masyarakat Parsoburan

    Nama Rein Nst
    Asal : MATIO Parsoburan
    Status Mahasiswa smester 7 Univ Riau jur kimia
    saya seorang mahasiswa dari kec Habinsaran desa Matio city gituuu deehh pengen mencari teman remaja baik pria maupun wanita dari habisaran untuk sekedar saling berbagi imformasi baik dalam segala hal, saya pengen generasi dari kec HAbinsaran tetap Hidup dan semakin maju .
    alamat email ;keanu_rain@yahoo.com

      marganda sitorus said:
      10 September 2009 pukul 7:00 pm

      Horas ito rein

      Setiap kali pulang ke parsoburan untk liburan sd thn 1980-1985 saya sering diajak maronan beli mie gomak
      oleh oppung boru karena ikut bantuin memetik kopi dan bantuin manjomur kopi

      mudah mudahan di parsoburan ada sekolah bagus seperti politeknik DEL, milik Pak LB panjaitan.
      Namboru saya ada di matio, ada di lumban pinasa, dan di parsoburan ( dekat pasar ) , amangboru siagian mantan Dan koramil tahun 1980-1985

      horas
      gbu
      kampung saya di bange- lumbanruhap

    Whindy Pane said:
    13 September 2007 pukul 8:02 pm

    Horas ma di hita sasudena
    Senang sekali rasanya melihat blog ini.
    Apalagi fota di atas..
    Serasa berada di kampung kita tercinta…
    kalo boleh fotonya ditambah..
    Biar makin seru.
    jadi pengen ke onan ini…

    JUNIUS HUTAJULU said:
    30 September 2007 pukul 8:39 pm

    Horas, mansai las hian nuaeng rohangku holan hubereng gambar ni onan Parsoburan… Alana ngamalungun au tu huta. Andigan nama muse au mulak asa mangallang soto jo iba jala martabak ni halak batak. Ai nadaoan au nuaeng sain huta na huholongi on. Ima kota Paris Van Java. alias, urang teh sekarang di Bandung. Ai urang teh dah kangen pisan euy pengen pulang kampung. kumaha nih??? Hai barudak Parsoburan yang lagi di Bandung, kapan kita ketemuan di Lapo Sukajadi untuk ngebahas masalah pulang kampung!!! Hehehe… Horas…

      marganda sitorus said:
      10 September 2009 pukul 6:55 pm

      salah satu makanan yang saya senangi waktu maronan adalah mie gomak… mie nya besar-besar tidak seperti mie atom.. itu terjadi thn 1980-1985 saat saya sd dan setiap thn pulang untuk liburan…

      behado bea… mantap do marsikkola di bandung i…
      waktu singkola di bandung saya tinggal di cisitu ( tugas belajar 3 thn di AGP )
      salam dari tj. enim…

    Whindy Pane said:
    1 Oktober 2007 pukul 9:10 pm

    haloo ito_Q Junius,
    Nga boa sikkolami??
    Lehon hamuna jolo kabar tu hami na di huta on.
    Tabo di huta ni halak??
    Alai nang pe tabo ra tumaboan do di hutanta ate.
    Jangan lupa kirim email ma aku di :

    if06012@students.del.ac.id

    aku tunggu,,
    salam ma teman-teman yang di bandung.
    Semoga sukses selalu di sekolah yach…
    God Bless Us

    Bennyto Pardosi said:
    16 Oktober 2007 pukul 1:17 pm

    sungguh suatu kreativitas yang luar biasa,klo boleh tau siapa seh yang buat.publikasinnya di perluas lagi dunk biar smua anak2 parso dan sekitarnya bisa bergabung
    *Habinsaran : ikutilah milis parsoburan biar tambah rame lae

    nita said:
    29 Oktober 2007 pukul 10:04 am

    horas…. Tu sude pargonting parsoburan… ingot tu soto nisi mari bah… unang lupa, ala naung dao sian huta dang di tanda be soto gomak…. ai so adong pizza hut di hita an dohot KFC…. Junius nga didia langkam. diboto ho dope bahasa batak….?????? ;)
    ok untuk smua org parso… MAJU TERUS PANTANG MUNDUR HA3…..

    nita said:
    29 Oktober 2007 pukul 10:06 am

    horas…. Tu sude pargonting parsoburan… ingot tu soto nisi mari bah… unang lupa, ala naung dao sian huta dang di tanda be soto gomak…. ai so adong pizza hut di hita an dohot KFC…. Junius nga didia langkam. diboto ho dope bahasa batak….?????? ;)
    ok untuk smua org parso… MAJU TERUS PANTANG MUNDUR HA3….. beta maronan… boan be karanjang na

    JUNIUS GANTENG said:
    31 Oktober 2007 pukul 7:52 pm

    Horas. Mauliate godang da tu ito Windy dohot ito Nita. Ngadidia hamuna nuaeng. Boasa didok ito mangallang kfc dohoy pizza. agia pe nung di bandung au, dang hea do pe mangallang pizza au.molo kfc holan sahali dua hali do pe ra. Wayahna, ari si abdi teh cuma anak kosan. Uang abdi mah secuil pisan euyy. malah, teinggg meren. Buat ito Windy, masih ingat tuk tuk gak. Hehehe……. Btw, di bandung aku dah jumpa sama Andi, Swanda, Tumbur, Budi, Polindo. Tapi kak Manna belum tuh. eh, 1 lagi, thx ya buat lae Jumadi di jakarta dah kontek aku. Buat yang lain, no problem. Hehe. Sok artis. BBB kaleeee. Alias BUKAN BATAK BIASA. Hahahahaha…. Sms aja ke 081931421871. Ketik REG JUNIUS. Hehehe. Ditungguuuuuu yah!!!!!!!!
    *Habinsaran (Sahat Sipahutar) : Undenggan do huhilala lae marbahasa batak ate ? , asa lam jonok perasaan i, jala unang maila hamu gabe batak , ok lae .

      YOES FITRI SINAGA said:
      12 September 2012 pukul 1:25 pm

      cuiii,,
      apa kbr??

    nita said:
    3 November 2007 pukul 8:39 pm

    horas ito junius ia au si mawar do.. jonok do hape hita ate, au poang di jakarta do. sahali naek hoda. sahat tabekku tu sude angka dongantta ate. juni ngaboha ito si porman, andigan do pesta i. sehat do hamu sude di si kan. molo naeng marsms/telp ho tuson ma ate 02198767705. ok hupaente da.
    mauliate. HIDUP PARSOBURAN!!!!!!!!!!!!!

    nita said:
    3 November 2007 pukul 8:44 pm

    horas…. tu sude angka dongan angktan 2001. salam kenal ate. burju2 hamu poang di pangarantoanna be. ingot parsoburan naung lam uli situtu. tokkin nai adong nama disi mall. porsea ma hamu tu au. ok.
    horas sahali nai… he,..he..he

    rommel_simanjuntak said:
    3 November 2007 pukul 10:39 pm

    horas ma tusede ate. mansai las rohaku holan huberang gambar parsoburan i,gabe masihol naeng mulak tu huta
    alana au sering do sian Natumingka maronan tu parsoburan laho mangallang mie gomak.ipe mobil na merah i mobil ni marga Napitupulu doi sian balige sangkar ni huta
    dibean na hutan da pei molo mulak au sian balige i do torus dalanhu tu Natumingka hari sabtu nai.halaki pe martigatiga do di bor_bor jadi songon i ma.parsoburan maju torus dll.mauliate

    Pahala Panjaitan said:
    7 November 2007 pukul 10:20 am

    Jadinya saya iri melihat kekompakan teman-teman dari wilayah Parsoburan ini. Saling betukar berita, saling rindu merindu, saling kompak mengompak, saling canda mencanda, saling ingot mangingoti saling bernostalgia dimasa dulu waktu masih dikampung halaman. Semoga kekompakan ini menular (bisa dicontotoh) ketempat kami disalah satu tempat wilayah Toba Thanks bangat Lae

    Robesman pardosi said:
    10 November 2007 pukul 3:55 pm

    HORAS ITO, WINDY boado kabar di Laguboti.Ra dang ditanda hamu au, molo au dongan nisi HENGKI Pardosi.

    Aganis said:
    13 November 2007 pukul 3:03 pm

    Tu akka dongan2 na di parso, sipata molo pasar ni halak batak na jorokan nian, molo di parso beha do?……..mang-allang mi gomak alai olo do salah gomak bah……..

    lastiar said:
    17 November 2007 pukul 2:17 pm

    Syalom
    bagi pembaca yang budiman salam kenal ya. mari kita bersatu untuk meningkatkan kemajuan parsoburan yang kita cintai
    GBs

    Whindy Pane said:
    18 November 2007 pukul 9:13 pm

    Horas juga @Robesman Pardosi
    Memang hurang hutanda do halak ito
    ba mauliatema nga adong sapaan tu ahu di blog on.
    ia ahu sehat-sehat do di huta on.
    holanna saotik pusingdo alani tugas2X
    biasama parsikkola.
    Horas to hita sasudena

    shinta said:
    21 November 2007 pukul 3:13 pm

    dipangidhon tu angka dongan angkatan tahun 2003, di dia dohamu sude. ai holan angkatan ta daba na soadong di son,,,,,,,,na pidom nama hita fuang. Bahen hamu sian bariba i. Maila iba fuang. hapeng anggo najolo tingki sikola hita di SMA, soinama cita-cita ta sude. Bahen hamu sian ni angka dongan na merasa tamatan tahun 2003. Unang olo hita tinggal fuang. Jala nga adong milis. molo boi hita mangarajai on ate,,,,,he…he…..he,,,heh……., maradu kreasi ba hita. Tu habinsaran mangido iba,,asa tung diarahon jo angka dongan tamatan tahun 2003, didiape. Mauliate ito
    *Habinsaran(sahat sipahutar) : niluluan pe ito angka dongan tai , mauliate

    b.mario simanjuntak said:
    3 Januari 2008 pukul 5:39 pm

    HAMI SIAN KELUARGA BESAR N.SIMANJUNTAK
    MENGUGUCAPKAN

    SELAMAT HARI NATAL DAN TAHUN BARU2008

    SEMOGA PARSOBURAN DIBERKATI TUHAN YESUS

    Yosepha Tanda Mariolla Sianturi said:
    11 Februari 2008 pukul 3:14 pm

    Horass..
    Di suatu sore yg tidak sibuk, saya iseng2 browsing ke Internet & Mr. Google pilihan saya. Terketiklah kata “Parsoburan”, dan muncullah page2 ttg Parsoburan, kampung kebanggaan suami saya, Bintang Pardosi. Alhasil, saya print & saya ingat semua informasi2 di page2 yg telah saya kunjungi, utk saya laporkan ke si babe..
    Hehehe..akhirnya beliau mengakui kejeniusan saya. Even saya cm datang ke kampung marga Pardosi ini 1x saja pas nikah thn 2007 y.l, satu yg plg berkesan adl kebun kopi ibu mertua & babi hitamnya yg bkn takut, hahaha (upss…sori Inang :-), dan dinginnya itu loh….bkn malas mandi, hahaha…!

    Mauliate & GBU All..!

    tumbur pardosi said:
    25 Februari 2008 pukul 6:57 pm

    Horas………Junius,mauliate dah di ingot ho dope mandokkon goarhi, n salam knal but cwe2 bTx yang baca ini. Horas ma i Hutakku PARSOBURAN, Ai ni ingot do molo masa Natal dihutaniba naulion, Kesempatan iba mrtandang tu anak boru na mulak sian medan, jala setiap malam minggu honna mangadangi do iba sekitar parsoburan. Tapi gara2 foto daerah Parsoburan yang ditunjukin diatas saya jadi kangen dan pengen pulanggggggggggg banget,saya rindu tanah permainan ku dulu, rindu pergi ke PORLAK,saya kadang tarilu tanpa sadar,kangen saya tak terbendung lagi kayanya. Tapi untuk pendidikan saya rela menahan rindu ini coz saya pengen banget majuin parsoburankarena saya liat di situs parsoburan termasuk desa tertinggal di Indonesia .Untuk itu doain saya biar sukses yaaaaaaaaaaaaaaa. Pesan saya jangan Lpa Parsoburan ……..

      ita said:
      12 Maret 2010 pukul 1:55 pm

      nakejaman cintam tu au poang……………….hasian///////diingot ho do peau”””””””””””””””boru juntak????????????????

    POLIN said:
    25 Februari 2008 pukul 7:31 pm

    HORAS

    POLIN said:
    25 Februari 2008 pukul 7:43 pm

    AMANG TAHENG,NGA MANSAI LELENG NI LULUAN ONBAH,,,,!!!!!!

    TUNG MANSAI SONANG DO ROHANGKU DUNG HUBANCA JALA HU RIMANGI .!!!TUNG SODAP DO!!!

    BERARTI ANAK-ANAK PARSOBURAN TIDAK PERNAH LUPA AKAN BONA PASOGIT!!!!!!!!

    MUDAH2AN DI TAHUN NAENG RO PARSOBURAN SEMAKIN JAYA DAN TELADAN BAGI DAERAH2 SEKITARNA BILA PENTING DAERAH SE INDONESI!!!!

    IDOKAN!!!!

    HIDUP PARSOBURAN!!!!!

    Humbang Hasundutan said:
    29 Februari 2008 pukul 11:09 am

    @Lae Monang Siagian, sarupa goar muna i dohot goar ni donganhu. Hea do ale singkola di SLA Martoba?
    Mauliate

    IRIANTO PARDOSI said:
    7 Maret 2008 pukul 10:39 am

    Horas………!!!!!!!!!!!!!!
    Nunga hira- hira boha nuaeng kabar ni Rt 04. Ba sai denggan2 ma nian ate anggo pangidoan!! Mauliate, sahat tabekku tu sude dongan sahuta di Rt.o4.
    DOMINUS VOBISCUM !!!!!!!!!!

    Monang Siagian said:
    1 April 2008 pukul 2:53 pm

    Lae Humbang Hasundutan,

    Ahu do i lae na singkola di SLA Martoba i, molo lae pardia do tahe ? . Saonari tinggl di Bekasi , jala karejo di Jakarta , tel 0815 1030 8063 .
    Mauliate

    Ishak H. Pardosi said:
    2 April 2008 pukul 12:36 am

    HAMU SUDE PARSIKKOLA NA DI BANDUNG, UNANG HOLAN NA MARTANDANG HAMU ATE, INGOT SIKKOLA PUANG. (ANDI, TUMBUR, SWANDA, DOHOT SUDE TAHE)

    Habinsaran : Oi hamu parsikkola i bege hamu hata ni lae Ishak i , asa gabe jolma nahasea hamu

    Erisando pardosi said:
    8 Mei 2008 pukul 9:18 pm

    tu sude dongan na sian parsoburan salam kenalbah mungkin godang do na mananda ahu . Tu ito niba si Whyndy pane godang tabe

      uind said:
      3 Oktober 2009 pukul 3:47 pm

      sando…masihol iba ba mangida hamu

    Tumpak Marpaung said:
    5 Juli 2008 pukul 1:35 pm

    horas…………………………………
    semoga jaya selalu……………….oke.??????????????

    Amrin Pane said:
    8 September 2008 pukul 1:12 am

    martudu jo bah angka anak parsoburan na singkola di bandung ateh asa botoon markunjung sasahali tu jabuna manang tu kosan na molo so adong do be jabuna…hahahahaha

    Amrin Pane said:
    8 September 2008 pukul 1:48 am

    pake bahasa batak ma hita bah asa tumangkas…….hahahahahahahahah
    ai di dia do hobea junius hutajulu kuliah….nga jago ho poang marbahasa sunda ateh……..

    tumbur pardosi said:
    26 September 2008 pukul 1:12 am

    horas””””””
    boha kabar dihita sude,pasti sehat dokan.
    paboa hamu pang aha namasa dihuta ta ate.
    sai anggiat matuhanta mangaramoti hita didiape.
    unang lupa soto parsoburan.
    mauliate.

    erlin pardosi said:
    2 November 2008 pukul 1:09 pm

    horas parsoburan……………
    horas juga tu sude dongan pargotting ate, secara khusus tu dongan niba stambuk 2000 salam kenal ma ate, nga didia hamu poang sude…..
    unang lupa ate tu bona pasogitta be, alana lam mantap namai hutatta parso i hubege kabar nga adong water boom di parsoburan heee.eee
    salam buat sude dongan parparso ate
    hubungi aku di alamat emailku pardosie@yahoo.com

    Amran Lubis said:
    3 November 2008 pukul 9:52 pm

    Horas……..horas…………horas.

    Boha do kabar dihamu angka par parsoburan i…..???
    Di dia do nuaeng angka dongan par parsoburan on …????
    Terutama angka dongan na sa angkatan (taon 2006/2007)
    ba holan si Julius ma !!!!!
    ngomong 2.molo si Tumbur on tahe si Tumbur na dia do nuaeng on? si Tumbur ktua nami hian do nuaeng on????
    Molo ido nuaeng on , tolong jolo Hubungi au ba di:
    amran_benito@ymail.com
    ate kedan-kedan asa huboan ho daboa maronan tu SIPAGABU.
    mauliate

    tumbur pardosi said:
    10 November 2008 pukul 10:26 pm

    oky lae….
    nungga lam mantap ho nuaeng ate.
    mauliate ate lae dang lupa ho hape tuhutattai.
    semoga kita sukses.

    to:amran lubis

      YOES FITRI SINAGA said:
      12 September 2012 pukul 1:23 pm

      cuiii,,, apa kbr

    Hotma said:
    19 Januari 2009 pukul 5:59 pm

    horas…………………….!!!

    Eii…!!!
    Nie Hotma,,,……

    Itanda hamu dope au,,,yea ksusnya nak nak SMK anugerah angktan 2007

    Hupangido situtu tu angka dongan angkatan 2007,,,,

    asa lean hamu kbrmuna tu ahu,,mansai malungun doau mamereng hamu
    apa lg ma tmen2 dkat wktu SMK najolo
    Dewi,Citra,and Dina
    didia do puang hamu,,,,…………………………………..
    msh ingat ga wkt Q ketua gerak jln…………………………….
    he heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    Rsanya pgen bgt yea smuanye trulang lg,,,,,,
    Tp,,,,,,,,tetp z kn juara 1,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    puji diri hahamago,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    haha haaaaaaaaaaaaaaa
    oea tmen2 smuanya yg dr parsoburan,,,,,,,lam knal z yea
    jgn perna lpa ma K.halaman………

    klo da yg knal ma q..
    molo berpaspasan di dalan unang sombong ate,,,
    soalna adong do hubereng saotik ciri khas ni parparsoburan….molo ngasahat di Mdan langsung janggal marbasa batak……………….
    soitanda be Rimbang…;
    he heeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    da da da…………………..
    songoni majo,,,,
    MAULEATE.

    andika said:
    20 Januari 2009 pukul 6:00 pm

    mmmmmmmm

    Lam knal y smuanya………………
    g sengaja Q mliat blog nie
    rasanya Q trsanjung bgt……………
    mlihat ank parsoburan akrab2 x,saling tukar imformasi………………oea,,,,,,

    law bisa Q brhrp bgt suatu sat nanti bsa jd slah seorg,,,,,
    bagian dari keluarga ORG PARSOBURAN……………….

    he heeeeeeeeeeeeeeeeeee
    Lam knal z yea

    smg klen ttap kmpak sllu.

    ……………………………………………………………………………………………..

    Liber said:
    30 Januari 2009 pukul 10:11 pm

    Uei angka parpasoburan, au dang parparsoburan bea, alai dua taon au bolak-balik balige parsoburan, jadi nga hukuasai anggo medan ni kecamatan parsoburan dohot Nassau, sonari dang disi be tugas, nga pindah be tu luat si leban di Thailand. Alai ala masihol au tu parsoburan gabe hucoba ma mandiori blog on laos dapot, mauliate ma di Tuhan. Holan on, heran iba manjaha angka postingan na masuk, ai gabe marhata sunda dohot hata indonesia na dipotong-potong do hamu, dang niantusan manjaha sai hira so masihol marhata batak. Jadi molo naeng marsombu sihol do hita tapangke ma bahasa pergaulanta i, gariada sebagai pencinta blog parsoburan on huusulhon asa bahen hamu jo bahasa parsoburan i, misalna: bea, kedan. Pokokna na khas parsoburan. Mauliate di koordinator.
    Liber

    saulina pasaribu said:
    10 Maret 2009 pukul 7:23 pm

    parsoburan……mengharukan,saya baru tau kalo parsoburan bisa di kunjungi di google, walau hanya sekedar onan dan jjr yang selalu setia antar jemput akka pangaratto sian medan awalnya hanya iseng,ketik nama parsoburan di google,alana nungga malungun hian sanaeng mulak tu huta,spontan senangnya luar biasa, adanya rasa salut dan trimakasih kpada ito sipahutar atas ketulusannya mempublikasikan huta tercinta. dohot tu sude dongan asa lam burju2 marsikkola manang burju2 mangaratto horas….horas..!

    corry tri m pArdosi said:
    2 April 2009 pukul 1:30 pm

    wow……..ito jdi teringat diriku saat trakhir menginjkkan kaki di parsoburan

    pas di onan ma eda qu….meriska

    hebat….hebat bgd…

    wlo cuman asal dri parsoburan tpi kebanggaan tu terpancar ….

    jdi pingin pulng ni liad parsoburan city……..

    Siagian Fernando said:
    8 April 2009 pukul 11:53 am

    wah… jadi ingat waktu pulang kampung ni…
    aplgi klo mau ke paridian trus naik ke lumban pinasa :D
    gb.

    eLvIeNa br SiLaEn said:
    19 April 2009 pukul 1:25 pm

    horasssssssssssss…………………….huta nauli…………..
    boha do kbr ate???
    lam tung bagak ma dalan poang tu huta ta i, asa mantap iba annon mulak muse……………
    hehehehee

    eLvIeNa br SiLaEn said:
    19 April 2009 pukul 1:27 pm

    horasssssssssssss…………………….huta nauli…………..
    boha do kbr ate???
    lam tung bagak ma dalan poang tu huta ta i, asa mantap iba annon mulak muse……………
    hehehehe………
    pasahat tabe tu Oppungku na di batumanupak dohot na di lobuhole da………….
    oppuuuuuuuuuunnnnnnggggggggggggggg,,,,,,,,,,,,,,
    sehat hamu da……….
    asa boi hita pajumpang…………………..

    Robert Psnggabean said:
    26 April 2009 pukul 11:45 am

    eh setelah lihat onan parsoburan jadi teringat ketika saya jalan-jalan ketempat itu 10 tahun yang lalu
    skarang saya tinggal di surabaya

    mesdi said:
    28 Agustus 2009 pukul 8:57 am

    mantap…!!!!

    parsoburan betapa indahnya pemandanganmu, sulit tuk melupakanmu…., jd igt dlu wkt msh SMP jalan kaki dari parsanggarahan ke onan mau ketemu ortu minta uang belanja & uang jajan. hehehe maklum…. dlu anak kos dn kmpgku di lumbanpinasa. skg sy merantau jauh bangat di ujung indonesia nama kotax Manokwari. terakhir q pulang taon 2007, ikut maronan loe, q sng bngt…………. satu hal yg tak bs q lupakan ” SIBOLANGIT ” mendaki gunung e, klu plg kmpg. luar biasa!!! chayo…chayo…

    pirmangapul pardosi said:
    4 September 2009 pukul 6:16 pm

    sahabat dan keluarga dari parsoburan horas bagi kita semua Tuhan memberkati dan jadikan situs ini sebagai jalan untuk lebih mencintai tanah parsoburan dan kembali lebih membangun lagi tanah parsoburan yang dianggap sebagai kampung yang terpencil selama ini tunjukan bahwa parsoburan ada di peta indonesia kalau bisa peta dunia horas, bravo parsoburan.

    don@tus juntak said:
    12 September 2009 pukul 10:06 pm

    HORAS……PARSOBURAN
    Horas tu sude dongan sahuta nadipangarattoan, tetap semangat karejo asa boi tapamaju parsoburan nauli.

    salam

    tornagodang said:
    14 September 2009 pukul 10:44 am

    Horas… di angka dongan “par-nadolok”. Par-nadolok adalah sebutan bagi anak Habinsaran yang menuntut ilmu/sekolah di Toba Holbung. Par-nadolok identik dengan lugu, kolot atau “ndeso”. Tapi dengan semangat ingin maju, sebutan tersebut menjadi cambuk untuk berprestasi dan menggapai hidup yang lebih baik. Selamat bekerja dan tetap sukses, Tuhan Yesus memberkati segala usaha kita. Salam….

    tornagodang said:
    14 September 2009 pukul 11:01 am

    tambahan …. Mauliate Lae di Blog muna on,… Lae Liber dongan ditingki SMP, dohot Abang muna (St. P. Sipahutar ???) dongan ditingki KNH Jakarta tahun 1980..an. Malo do Lae on menulis skenario/sutrada. Dikembangkon hamudo Lae bakat munai ? Manang naung adong do nuaeng rumah produksi untuk sinetron ? ha…ha..ha. Salam… d.panjaitan

    raymond sianipar said:
    9 Oktober 2009 pukul 11:50 am

    PARSOBURAN kota yang sangat INDAH
    aq bangga akan indahnya kotaq ini…………
    HORAS HORAS HORAS

      ropen simatupang said:
      17 Oktober 2009 pukul 4:03 pm

      parsoburan memang indah , sewaktu aku sekolah di smp neg parsoburan masa yg paling di kenang adalah pulang sekolah langsung mangula tu hauma,memang ada enaknya ada juga tdk enaknya habisnya sudah loja mangula, kita harapkan parsoburan bisa jadi kabupaten ,setelah propinsi tapanuli jadi.gbu

    ropen simatupang said:
    17 Oktober 2009 pukul 4:08 pm

    horas…… tu hamu dongan parsimanalese sekitarnya manukkun kabar majo iba tu hamu dongan nasian kec nassau , nungga jadi be diaspal tahe dalan tu hutatta sahat tu pattil dan simanalese? mhn infonya ya?gbu

    ren- said:
    13 Desember 2009 pukul 2:43 pm

    horas tu akka dongan sudena
    au parpasoburan do au
    tinggal di borbor (rianiate)
    salam ate tu akka dongan sudena nadihuta…!!
    sukses ma tu sude hita akka dongan.
    mauliate

    Sudianto Tanjung said:
    11 Januari 2010 pukul 10:01 pm

    Horas ma sude di hamu dan Selamat Taon Baru ma dihita sude. Termasuk Kel. Pemilik Web ini.

    Au pe masihol do rohakku mangallang soto di pasar parsoburan nadi tgl 22/12/2009 sian Parsoburan do au, sahat sore ma au disi jam 16:00 WIB, nga godang be berobah hutai dung beberapa tahun, lao do au mangallang soto di onan, hutuhor do martabak alai dang disibe martabak nisi KUSENG, dungi lao ma au mangan di kode nisi bandar, ah tahe….masihol au muse.

    Di lobuhole do hutanami, jala au SMP di parsoburan sekitar taon 1989-1991 di jabuni marga si Laen hian do hami kos pas di simpang natu SMP negeri i.

    Nga godang dongan siani ra naung di pangarattoan alai sadape dang hea dope au pajuppa.
    Dung mulak au sian Parsoburan husangahon do lao tu parsoburan muse mangallang saksang.

    Majuma Parsoburan.
    Salam sian Parlobuhole di tano parserahan……

    harjono.simanjuntak said:
    13 Februari 2010 pukul 4:42 pm

    saya bukan orang parsoburan tapi aku pengen sekali menghirup udara di sana dan melihat pegunungan di san soalnya aku sangat tertarik ama pegunungan,,,,,kapan ada waktu & uang aku bisa kesana,,,,,,,,,,, kalau aku nanti ada uang pasti aku berjanji angan-angan aku ini bisa terjawab nanti..

    I lake parsuburan

    Siagian Sunggul P. said:
    24 Februari 2010 pukul 3:44 pm

    Halo sude par Parsoburan , Habinsaran selamat jumpa dunia maya .Apa khabar semoga selalu kabar baik semua, jangan lupa ke Prsoburan bawa buku apa aja yang bermanfaat untuk ditinggal di rumah keluarga masing-masing, pasti ada yang membutuhkannya dan kapan ya bisa mudah didapat sayur-sayuran, makanan-makanan,dan oleh2 khas karya anak Parso yang bisa diandalkan di Toba,Sumut bahkan di Indonesia.kami tunggu .Ora Et Labora dan Horas

    donna evelyn said:
    1 Maret 2010 pukul 11:16 pm

    au tinggal di parsoburan sian thn 1984 sampai thn 1991,saat itu saya jadi guru matematika di smp n parsoburan.gabe teringat au tu huta parsoburan,molo hut ri begitu ramai,saonari songoni dope ?tu hamu angka dongan na hea mananda au,melalui blog on mari kita jalin persaudaraan yg indah,bagiku parsoburan adalah sweet memory,kepada rekan guru dan murid yg pernah saya ajar,mohon maaf atas segala kesalahan yg pernah saya perbuat baik sengaja maupun tdk disengaja,dohot tu angka dongan2 saparmeaman di parsoburan,ai di ingot hamu dope au tahe ?au dapot suami marga pasaribu sian rianiate,buat adek adek/anak anak yg tinggal / sekolah di bandung,ro hamu tu bagas nami ate,asa mangalompa mi gomak hita…maeliate.

    re said:
    5 Maret 2010 pukul 5:47 pm

    horas….horas….horas…parsoburan ..^_^
    tu akka dongan parsoburan slam knal ate..
    au pe parparsoburan do..alai di rianiate do
    di rianiate do au magodang disi sude akka kenangan naso boi tarhalupahon.
    alai saonari. tinggl di balige do..jonk pe balige tu parsoburan alai jarang do au mulak tu huta..!!

    semoga parsoburan tahun ke depan semakin maju..

    horas…mauliate..

    reni.

    mesak said:
    8 Juli 2010 pukul 10:58 am

    horass…..
    ale hurang mantap dope bah foto nai, gabe hera na gersang parsoburan i…
    ale ipe tahe nga jago i…he..he…
    ale pamasuk hamu jo poang foto ni gonting nauli i….
    asa hea jo di bereng akka massa i…..
    mauliate…
    horass……

    robinson pane said:
    18 Juli 2010 pukul 2:03 pm

    horas parsoburan…………..
    saya sangat senang dan bangga melihat onan parsoburan aku ingin pulang kampung
    mampir dionan parsoburan ,au sian batunabolon do lae,inanta br lubis sian parsoburan

    agus boy said:
    8 Februari 2011 pukul 9:01 pm

    horas…
    ketika melihat blog ini cukup bangga rasanya.
    walau saya kampung saya ataupun asal orang tua saya dari parsoburan tp dari natumingka,.
    Tp satu hal yang bisa dibangga tentunya krena mungkin kecamatan ini mungkin sering dicemooh sebagai daerah yang tertinggal oleh anak2 dari kecamatan lain dari tobasa maupun taput.
    sering kali mahasiswa di usu melihat parsoburan merupakan daerah yang tidak maju tp melihat hal ini semoga anak2 daerah dari sana bisa semakin maju dan berkembang,,

    Bresman Sigalngging said:
    24 Maret 2011 pukul 7:24 pm

    Horas tu hita saluhutna, unang lupa mambangun huta habinsaran molo naung sukses di pangarattoan…

    habinsaran tetap maju…

    danton batunabolon said:
    7 April 2011 pukul 12:01 am

    saya sangat bangga melihat parsoburan yang begitu indah apalagi dikelilingi gunung dan daerahnya yang dingin,,
    jadinya pengen ke parsoburan..

    Nytha said:
    4 Mei 2011 pukul 10:40 pm

    Emmada shynta, laos so adong do ate stambuk 2003 i na muncul, ai nunga didia ho saonari kedan, dang malungun ho tu hutanta on, molo hami di sma 1 baik2 do sude, nunga dapot na diluluanmi? Dihamu angka dongan par parsoburan, nunga lam maju be hutanta on, alai ingoton ta do lao paturehon asa tu lam dengganna terutama tu alumni sma 1, ingot hamu sikkola muna i da bea! Na masihol tu au boi ma dihubungi tu 085262215117 manang nytha.aritonang@yahoo.com, ok.
    Mauliate
    horasssssssss

    SAORTUA SIANIPAR said:
    20 September 2011 pukul 12:19 pm

    ROPEN DIDIADO HAMU LAE NUNGGA LUPAHAMU RA ATE AU -SAOR TUA SIANIPAR SIAN- SITARAK DONGAN SAKALASHU HIAN DOHO LAE DI SMP NEGRI PARSOBURAN

    Ferdinand Sitorus Pane said:
    28 November 2011 pukul 3:52 pm

    Kampungku Ayahku di Lumban Ruhap. Kalau maronan itu harus ke Parsoburan. Ompung boruku dulu (sebelum meninggal) selalu berjualan Ulos di Parsoburan. Sekali dulu waktu masih kecil bgt, saya ikut ke Pasar Parsoburan, terus dikasih makan “Poccal” sama Oppung. Hihihi… ga tau deh kalu liat Fotonya itu, sepertinya sudah jauh lebih maju ya.? Dulu saya ke sana tahun 1977. Ayo dong kampung halamanku Parsoburan tetap Jaya dan maju terus…

      margandatua said:
      2 Desember 2011 pukul 9:50 am

      saya dari huta bange,..
      di parsoburan ada amangboru siagian ( pernah jadi Danramil thn 80an), tinggal di dekat pasar . perkataan yang sangat sering kali saya dengar adalah mando bea.. ( bagaimana kawan )

      marganda tua sitorus said:
      25 September 2012 pukul 10:15 am

      Pak tua ( Ompung ) , bisa kirimkan email ke saya ?? ke parsoburan thn 1977?
      saya lahir thn 1974.
      GBU

    saor tua sianipar said:
    27 Januari 2012 pukul 9:13 pm

    tu sude anak parsoburan namanjaha tulisan on tarlumobi matu anak ni par sitarak nadi pangarattoan asa taingot bonani pinasatta jala tapadenggan bona pasogitta horas,,,,,,,,,

    saor tua sianipar said:
    27 Januari 2012 pukul 9:16 pm

    tu sude anak ni parsoburan tar lumobima anak ni par sitarak nadi pangarattoan asa taingot bona ni pinasatta jala tapadenggan bona ni pasogitta,,,,,,,,,Horassssssssss.

    Harris simanjuntak said:
    15 Juni 2012 pukul 11:41 am

    Horas parsoburan, tusude hita parhabinsaran, mari kita maronan biar tambah rame,, ada lappet, mi gomak, saksang, tanggo tanggo, naniura, arsik, sasagun, kopi tubruk, andaliman, dan satu lagi cendol ni amanta parcendol i. Hehehehehehehehe

      Ferdinand Sitorus Pane said:
      27 Juni 2012 pukul 8:52 pm

      Mantap… Horas ma ate…! Nungga masihol iba tu hutanta on.

    tom panjaitan said:
    13 Juli 2012 pukul 7:57 am

    parsoburan na uli ………jolma pemalo-malo…..memang cocok Israel Batak……Au parSitarak….Salah sada kota PALING TERPENCIL……di Parsoburan…alai alani basa ni Tuhan….nangpe terpencil..prestasi NASIONAl……(saya pernah juara III penulisan buku tingkat guru Nasional, 2007)…buku Karya saya Homang beredar di Gramedia Seluruh Indonesia 2011=2012 dan seabrek prestasi nasional lainnya
    JAYALAH PARSOBURAN…….mau kenalan fb tomridwan …Hidup parsoburan.

    Ferdinand Sitorus Pane said:
    12 September 2012 pukul 8:29 am

    Mantap Parsoburan. Molo adong akka prestasi, boi ma tutu ta share di son, asa sude hita umbotosa. Mauliate

    YOES FITRI SINAGA said:
    12 September 2012 pukul 1:14 pm

    Shalooommm,,,
    Horas bah,,, beras makan gabah (kata orang madura disini setiap ketemu diriq) ,,,
    Salam kenal buat kita semua,,

    God Bless,,,

    coupons said:
    15 September 2012 pukul 6:04 am

    This is my first time pay a quick visit at here and i am actually
    happy to read everthing at alone place.

    daniel said:
    17 Oktober 2012 pukul 2:18 pm

    Mantap Parsoburan by Ratumasa Daniel Ternata

    lijon sihombing said:
    21 Oktober 2012 pukul 2:29 am

    Horas sude akka dongan magodang na di batumanumpak nang dongan sikkola tikki di gotting, terutama induksemang omak tua sinur nadi gotting. nga 11 tahun dang hudalani parsoburan, tunglungun do nian roha. alai taon on ikkon mulak dou au tuhuta hagodangan ki ima naukkat. horas sude hita namangaratto nang natinggal di huta.

    Pdt. Limarjuna Panjaitan, S.TH, PAK said:
    5 April 2014 pukul 10:21 pm

    Sai malungun do iba tu Parsoburan,tarlumobi tu angka dongan-dongan sasikkolah Sian SMP Neg Parsoburan Tahun 1990-1993, Tarsongon Lae Kepriano siamnjuntak, Lamhot Br Pardosi, Ruddin Pardosi dohot angka naasing, Boha kaburmuna bo. Tuhan memberkati

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s