Ini dia kelakuan Camat Habinsaran . . .

Posted on


Lima tokoh masyarakat, enam kepala desa (kades) dan pengurus partai politik (parpol) serta beberapa masyarakat Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), mendesak Bupati segera mengganti Camat Habinsaran karena dinilai bersikap arogan dan otoriter serta diduga terlibat penggelapan beras miskin (Raskin).
Tuntutan masyarakat itu disampaikan kepada Bupati Tobasa melalui Asisten III Sedih Simanjuntak serta beberapa pejabat Pemkab Tobasa di ruang Balai Data Kantor Bupati Tobasa, Selasa (31/7).Dalam tuntuntannya yang dibacakan di hadapan Asisten III Pemkab Tobasa, perwakilan masyarakat Kecamatan Habinsaran mengungkapkan sikap kepemimpinan Camat Habinsaran, Bernhard Siahaan ST, terkesan arogan dan otoriter. Salah satunya terbukti pada Rabu lalu Camat Habinsaran memukul dan menendang secara berulangkali salah seorang stafnya mengakibatkan luka bocor pada kepala.
Selain itu Camat Habinsaran tidak mendistribusikan beras miskin (Raskin) terhitung sejak Juni hingga September tahun anggaran (TA) 2006. Demikian pula dengan Raskin TA 2007 periode Januari sampai April tersendat-sendat karena oknum camat Habinsaran menunggak sebesar Rp 49 juta.
Honor pemungut pajak PBB TA 2006 tidak diberikan kepada Kades selaku pemungut pajak PBB, TKPD Kades TA 2006 juga tidak jelas serta TKPD Kades TA 2007 sudah direalisasikan namun tidak sampai kepada yang berhak. Disamping itu dana PKK Desa Lumban Balik dan Desa Panamparan Rp 99 juta diduga dikorupsi oknum camat, dan hal ini telah dilaporkan ke Polres Tobasa.
Dalam suratnya, masyarakat Habinsaran juga melaporkan bahwa dana pemekaran atas delapan desa Rp 150 juta dikorupsi Camat Habinsaran (bukti kwitansi terlampir). Ironisnya, kebaktian mingguan di kantor kecamatan tidak lagi dilaksanakan karena pendeta kecewa atas pernyataan Camat Habinsaran yang mengatakan bahwa mereka (pendeta-red) hanya mengharapkan persembahan dari peserta ibadah.
Salah seorang staf kantor Kecamatan Habinsaran, Mula Pardede yang hadir saat penyampaian aspirasi itu juga mengutarakan bahwa dirinya dianiaya Camat Habinsaran menyebabkan kepala belakang sebelah kiri mengalami luka bocor sehingga terpaksa harus jahit sebanyak lima jahitan. Menurut Mula, penganiayaan itu dilatarbelakangi karena dirinya meminjam sepeda motor dinas dari isteri Camat untuk keperluan mengambil berkas yang tertinggal di rumahnya. “Tanpa tanya, Pak Camat memukuli saya,” ujarnya seraya menambahkan bahwa dirinya tidak melaporkan penganiayaan itu ke polisi dengan pertimbangan sesama PNS namun telah dilaporkan kepada Asisten I Pemkab Tobasa.
Dalam suratnya, masyarakat Habinsaran juga melampirkan surat pernyataan keberatan para PNS kantor Kecamatan Habinsaran yang ditujukan kepada Bupati Tobasa. Dalam surat pernyataan yang ditandatangani 7 PNS dan 1 pegawai honorer itu menyebutkan bahwa Plt Camat Habinsaran Bernard Siahaan sering menghina seluruh staf kantor.

Dari : SIB

About these ads

13 thoughts on “Ini dia kelakuan Camat Habinsaran . . .

    frans said:
    30 Agustus 2007 pukul 1:46 pm

    Pecat aja tu camat, percuma dia berpendidikan,
    kayaknya semasa sekolah uang kuliahnya dihabiskan di
    meja judi doang, makanya gak ada otaknya,
    udah berhentikan aja dia, pemerintah itu gak bisa arogan,
    melainkan harus penuh perhatian..
    *Habinsaran : Saya setuju mas , tetapi susah melawan pemerintah yang seperti ini

    Sahabat Tampubolon said:
    31 Agustus 2007 pukul 10:12 am

    Bah puang,,,
    patutma dang marna boi masuk motor tu huta nami,sibuntuon.
    Pamateon namai sapala, dang dibereng i songon dia roa ni dalan tu huta nami.Serba salah ma saonari dalan tu huta nami (sibuntuon/pagarbatu,dll). Najoloi marhoda boban do angka partiga tiga tuhuta alai sanga ma denggan dalani, dang dipake be hoda gabe pake motor hartop nama. Hape saonari nungnga lumpur be sude dalan i motor pe dang sanggup lewat, marhoda pe dang boi be, apalagi molo mardalan pat. dang tarula bei. Hape adong muse ma tutu na Korupsi dana PKK, dia do nuaeng maksud ni ibana ate???
    Memang nabaruon sekitar bulan 3 adong do masuk doser tusan takas doi huida, didok naeng doser ulang sude dalan tu lumban balik. Hape dang adong saminggu nae pittor mulak muse doser i jala hasil ni karejona pe dang tarida. Songoni carana karejo tahe?? yang penting hadir hasil no 100.Horasss…
    *Habinsaran : ima dah lae

    Batak News said:
    31 Agustus 2007 pukul 7:13 pm

    aku sudah baca berita ini di koran. tapi persis kejadiannya aku belum tahu. cuma berita koran.

    beberapa hari lalu seorang anggota dprd bertanya kenapa aku tidak menulis atau membela si camat bermarga siahaan itu, padahal dia kawan semargaku.

    kujawab: kalau benar dia korupsi dan memukul stafnya, aku tidak akan bela. malah aku pun ikut menulisnya nanti.

    tobasa ini sudah rusak. dari level bupati pun sudah parah. logika sederhana: bila pemimpin bersih dan tidak korup, maka anak buah pun akan sangat takut untuk korup. begitu sebaliknya.
    *Habinsaran : Betul sekali lae, kalau dia Benar kita bela mati-matian ,tetapi kalau dia salah walaupun siapa harus menerima hukuman yang setimpal .

    Pangondian Nst said:
    8 September 2007 pukul 12:58 pm

    HORASSS
    Masyarakat kecamatan Habinsaran

    Setelah saya membaca Rubrik tenteng perilaku camat Habinsaran saya selaku Putra Habinsaran merasa terpukul. camat habinsaran itu sebaiknya dipecat saja bukan hanya dari jabatannya tetapi juga dari PNS. Saya menyerukan kepada seluruh generasi muda terutama kalangan Mahasiswa kec Habinsaran supaya ikut memberikan kritikan dan memandang keadaan pemerintahan kec Habinsaran

    jaysam said:
    11 September 2007 pukul 8:51 pm

    dengan jabatan camat saja sudah tidak bisa berperilaku baik
    gimana kalo statusnya pengangguran?? ;)
    *Habinsaran : Mungkin malah bisa lebih arif

    jaysam said:
    12 September 2007 pukul 7:57 pm

    @Habinsaran :D

    robesman said:
    27 September 2007 pukul 3:05 pm

    ahh,….. masa gitu camat klian!

    Pahala Panjaitan said:
    7 November 2007 pukul 11:31 am

    Komentar ini saya sampaikan tanggal 7 Nopember 2007 berarti kejadiannya sudah lebih darti 4 bulan lae. Saya ingin bertanaya sama lae Sipahutar apakah Camat tersebut sudah dilengserkan atau masih bertahan / bercokol di Parsoburan tolong lah Lae kami diinformasikan agar hati ini enak rasanya
    *Habinsaran : informasi terakhir lae camat itu masih menjabat hingga kini

    rik said:
    10 November 2007 pukul 5:13 pm

    tiga minggu lalu, aku ketemu dengan Camat Habinsaran pada suatu perhelatan suatu instansi. Dalam sebuh dialog pendek denganku aku menduga Ia sangat kuatir dengan ” kedudukannya” . Sebab ia berkata padaku. ” Bagaimana perkembangan kabar bapak di atas sana, tolong diibantu diinformasikan” tanyanya. Setelah kuselidik , rupanya Camat mengira aku masih kerja di lingkungan juru bicara Pemkab. Setelah aku terangkan , ia pun berkata, o,o jadi tidk disitu lagi . ok lae salam kenal.
    *Habinsaran : Salam kenal juga laeku .

    lastiar said:
    17 November 2007 pukul 2:53 pm

    masitangiangan mahita lao padengganton huta parsoburan nauli.
    oce………

    Ishak H. Pardosi said:
    2 April 2008 pukul 12:26 am

    TUNGGU TANGGAL MAINNYA, PARDOSI TIDAK AKAN TINGGAL DIAM. PARSOBURAN TIDAK LAYAK DIPIMPIN SEORANG CAMAT-PREMAN. BILA MEMANG TERBUKTI, KENAPA TIDAK? HIDUP PARSOBURAN,,,,,,,

    NIPINAMAI……….

    Rinto H. Siahaan said:
    14 April 2008 pukul 2:10 pm

    bikin malu saja dia itu, kalau merusak itu jangan didaerah sendirilah.bagaimana tobasa mau maju kalau camatnya seperti itu……hahh pailahon do ho appara……

    NN said:
    12 Juni 2008 pukul 4:42 pm

    sebagai pemimpin daerah yang tugasnya mengayomi masyrakat… sudah sepantasnya camat Habinsaran BS mempunyai sikap yang baik dan mencontoh u masyrakatnya bukan sebaliknya… keluarga saya juga mengalami perlakuan yang buruk dari pak camat y terhormat ini. dimana ompung saya SInipar (Dolok saya) yang kala itu minta tolong diboncengin o BS malah Menghina orangn tua ini dengan nada ” Uda Orang TUa KOk nda Tau Sopan…” pantas Nda seorang camat MEngatakan itu? Kalo memang perlu diganti harus segera diganti O PEMKAB Tobasa Atau rakyat yang menggantinya.. horas…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s