Maronan


Maronan adalah kata dalam bahasa Batak Toba yang berarti pergi kepasar untuk berbelanja sesuatu maupun hanya sekedar berjalan-jalan, ari onan ditapanuli bisa jatuh pada hari Senin – Sabtu kecuali hari Kamis tidak ada onan karena menurut sejarahnya hari ini dipakai oleh ibu-ibu parrenge-rengge untuk belajar koor digereja  , dan biasaya ari onan hanya satu hari dalam seminggu .
Dionan (dipasar) biasanya dijual berbagai jenis kebutuhan sehari hari mulai dari bahan makanan sampai dengan pakaian dan disana juga akan kita temui masyarakat sekitar yang menjual hasil pertaniannya. Tempat ini menjadi tempat berinteraksi antar penduduk setempat, kadang juga ini dijadikan sebagai tempat pertemuan antar sanak saudara yang jarang ketemu karena kesibukan sehari-hari.
Buat kaum muda kesempatan ini juga dipergunakan sebagai ajang pertemuan dan tidak menutup kemungkinan pada kesempatan maronan digunakan untuk menemukan jodoh, ” itulah uniknya maronan….”.
Maronan adalah salah satu budaya batak, ……Kalau anda halak hita yang rindu maronan ??? coba pulanglah kekampung halaman ditoba sana niscaya bisa mengobati kerinduan itu ….” Beta hita maronan “……… horas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: