Hariara Pasaribu & Lubis


Di Lumbanrau-Parsoburan dijalan menuju ke Onan Borbor ada dua pohon yang sangat besar (Berigin) yang tumbuh berseberangan dipisahkan oleh jalan raya, orang sekitar menyebutnya hariara Pasaribu dan hariara Lubis, konon katanya kedua pohon ini menjadi perlambang parpadanan antara marga Pasaribu dan marga Lubis .Kedua marga ini telah bersumpah untuk tidak saling mengikat tali perkawinan antara kedua marga tersebut kecuali cabang atau ranting kedua pohon itu bisa bersatu.

Dan memang sepanjang yang saya dengar, walaupun jarak antara kedua pohon itu hanyalah dipisahkan oleh jalan raya yang lebarnya tidak lebih dari 6 meter, cabang dan ranting pohon (hariara) tersebut belumlah sekalipun pernah bersentuhan ,yang anehnya apabila salah satu cabang atau ranting pohon mendekati pohon yang satunya niscaya cabang atau ranting tersebut akan rontok atau patah, sebuah keanehan memang tapi itulah yang terjadi, anda penasaran untuk melihat silahkan datang ke Lumbanrau – Parsoburan – Habinsaran.

47 Tanggapan

  1. Horas abang,
    Perkenalkan saya Candra H.Siregar, asal saya dari desa Lumbanrau, kecamatan habinsaran, pastinya satu kampung dengan abang, nemu blog abang ketika cari informasi tentang pohon hariara buat bahan blog. kapan-kapan main-main ke blog saya ya..baru buat(lagi)sih so masih kosong.. Oh ya Hariara yang abang ceritakan inilah (dulunya) yg saya maskudnya di page : “Tentang” di blog saya..

    #Salam kenal, horas

    • Horas Lae..dimana letak desa lumbanrau kecamatan habinsaran..aku pengen kesana..tapi nggak tau letak nya dimana Lae, tolong pencerahan nya ya Lae.

  2. Horas abang,
    Perkenalkan saya Candra H.Siregar, asal saya dari desa Lumbanrau, kecamatan habinsaran, pastinya satu kampung dengan abang, nemu blog abang ketika cari informasi tentang pohon hariara buat bahan blog. kapan-kapan main-main ke blog saya ya..baru buat(lagi)sih so masih kosong.. Oh ya Hariara yang abang ceritakan inilah (dulunya) yg saya maskudnya di page : “Tentang” di blog saya..

    Main2 ke sini ya : http://hariara.wordpress.com

    #Salam kenal, horas

  3. Horas lae!

    Perkenalkan aku Syamsul dari tanah Mandailing. Bagus blog kau lae.. salut!

    Aku punya sedikit pertanyaan buat lae yang tinggal di utara. Aku marga Lubis yang turun-temurun dari tanah Mandailing. Namun aku berkeyakinan kalau kami yang dari tanah Mandailing ini asalnya dari Utara, marga Lubis kami datang dari utara. Namun sulit menemukan tarombo yang masih mencatat marga Lubis dari awal, dari mulai Si Raja Batak. Mohon kiranya, lae dapat membantu aku untuk menuliskan tarombo marga Lubis. Mungkin rekan2 marga Lubis disana dapat membantu juga.

    Mauliate sebelumnya lae.

  4. saya adalah seorang batak yang tidak mengenal sedikitpun budaya “perbatak kan” aneh memang, tapi saya tinggal dijawa dan hidup berdasarkan pada budaya jawa, aceh karena nenek dari bapak adalah orang aceh dan budaya barat karena saya membaca cosmopolitan dan melihat HBO di tv kabel…. ironic!!! sehingga saya tidak dapat menjawab satu pertanyaan pun yang ditanyakan temen-teman tentang hal-hal yang berkaitan tentang nama belakang saya ini, kecuali tentu saja bahwa hanya anak laki-laki lah yang akan mewariskan nama ini pada keturunan berikutnya. tepat td malam saya berinisiatif untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai marga lubis dan sampai pada Blog ini… terimakasih telah membagi informasi ini dengan kami semua.. ceritanya menarik sekali.. suatu saat saya ingin sekali melihat pohon tersebut. salam kenal JOEL( joewita lubis)

  5. horas lae..
    naeng manukkun do au poang..
    jd dang na mardongan tubu asli lubis dohot pasaribu?
    jd boasa di huta nami gabe siabangan didokkon lubis?
    dohot aha do beda na kumpulan bobor dohot naimarata??
    alusi jo hata kon da lae..
    mauliate godang ma..

    • Freddy Rivay Pasaribu,
      Lubis dohot Pasaribu sada Parsinuan do ( sada Bapak na ) alai beda si pangittubu ( Omak na ), Cerita na songonon :
      Mangalap boru ma bapak ni Lubis/Pasaribu ( dang apala hu boto manang boru aha ) alai sampe pitu taon naung markeluarga dang adong dope tubu anak na. Gabe mangoli ma muse bapak ni Lubis/Pasaribu tu boru na asing jala lahir ma anakna, dibaen ma goarna LUBIS, jadi parjolo do tubu lubis,.
      Dung tubu Lubis gabe mardenggan pamatang ma muse istri pertama naung lobi pitu taon dang hamil, jala tubu ma anak na, dibaen ma goarna PASARIBU.
      Jadi molo di partubuon Lubis do si akkangan, alai molo di parhundulon Pasaribu do siakkangan ai parjolo do natumubuhon Pasaribu ripe ni Oppungta.
      Songoni ma kira2 naboi hu patorang mengenai tusi.
      Borbor- Naimarata hurang mengerti do tong au bahh..!! rap manukkun ma hita..
      HORAS..

      • b freddy Q mau tanya ne lubis itu berapa bersaudara…
        dan kenapa lubis ada yang pisah ..
        saya dari keturunan pande bosi…
        sekarang pande bosi dan namora paut itu pisah b…
        dan tolong sekalian tulis sejarh lubis b,karna saya buka google yg keluar tu malah kbnykan mandailing….
        tapi saya toba b

      • Salm kenal
        Au jonny pasaribu.
        Bang iskandar. Oke bang. Mantap penjelasnya tentang lubis pasaribu. Alai marga ahado bapakni lubis/pasaribu I bang?

        Salam.

      • bedana molo nai marata dohot bor-bor. molo nai marata ibana masuk ma Raja Lontung, ima aka marga sinaga, situmorang, pandiangan,nainggolan,simatupang,aritonang,siregar. ale molo Bor-bor holan tubu ni raja bor-bor ma, ima aka pasaribu, lubis,
        . Tinendang, Tangkar, Matondang. Saruksuk.. Tarihoran.. Parapat. dll

  6. TERIMAKASIH ATAS PERHATI NNYA KPD GENERASI MUDA

  7. salam kenal buat yang punya blog ni.

  8. Renovasi Batu Hobon THN 1986. Upacara di Pantai Selatan Tahun 1988, lalu Gondang di Taman Mini yang disokong Presiden SBY.adalah kejahatan dan pencurian yang terjadi pada saat Renovasi

    Perihal Kejahatan manusia sesat tersebut, sebenarnya telah terungkap dengan Pelarangan membawa telor dan jeruk purut atau sesajen lainnya ke Batu Hobon yang telah kami tetapkan pada saat kami melakukan pembersihan Batu Hobon tanggal 20 desember 2008 lalu dengan dibantu oleh masyarakat disekitar Lokasi Batu Hobon.Jadi,

    Saya Hanya menyampaikan informasi dan kebenaran yang sebenar-benarnya, agar manusia, Khususnya orang Batak, tidak lagi tersesat oleh berhala-berhala yang mengatas namakan Roh-roh nenek moyang (leluhur), Roh-Roh Kudus. Karena semua itu hanya iblis yang menyamar-nyamar. alvatarz111@gmail.com

  9. Saya sangat sedih Namun yang paling sedih adalah opung-opung yang dari Batu Hobon. kira2 sudah 4 bulan tulisan saya dengan Judul KEBENARAN BATU HOBON, PERNYATAAN NYI RORO KIDUL DAN ORANG-ORANG NINIWE namun tak satupun marga-marga poporan dari batu Hobon yang peduli.

    Mengapa???????????????
    Apakah Iblis benar-benar sudah menguasai kamu semua????????????????
    Kamu Bangga dengan Leluhur kamu yang terkenal sakti mandraguna tapi tak peduli kalau makamnya dirusak orang??????????
    Ya.. memang marga-marga sebagian besar naimarata pasaribu, limbong, sitorus dlll yang merusak dan mencuri di Batu hobon.

    Saya seorang pemuda asli Batak yang bukan marga tersebut sangat peduli, mengapa kamu semua tidak peduli???

    Tugas Saya menyatakan kebenaran dan menyadarkan manusia dari penyembahan berhala, baik melalui roh-roh leluhur ataupun Roh-Roh Kudus.
    Bukankah TUHAN YESUS tegas melarang hal tersebut. kalau kebenaran sudah diungkap, terserah manusia memilih jalannya.

    Buktikan langsung. Pergilah ke Pusuk Buhit, Lihat dan pegang sendiri itu memang Semen Kasar yang tidak dilicin.

    Batu Hobon yang asli adalah batu gunung berwarna Hitam sebesar gendongan tangan orang Dewasa.
    di bawah nya terdapat sebuah Goa yang merupakan makam leluhur orang batak.

    Mengenai keberadaannya dan beberapa pusaka yang dulu ada disana, ada pada manusia yang MERENOVASI BATU HOBON TAHUN 1986.

    Kalau Menurut saudara Yang ada Sekarang Hanya Simbol, itu tidak benar, tetapi suatu hal yang memalukan.

    Sadarkah saudara Jika Simbol itu telah salah maka yang berada dibawah simbol itu, yaitu orang-orang batak juga salah.

    Sadarkah saudara dengan Rusaknya Simbol tersebut berarti tatanan TAROMBO, Asal USUL leluhur Lae adalah Rusak.

    Mengapa lae lebih suka dengan simbol yang salah
    daripada membuktikan kebenaran?.

    Sadarkah lae, simbol patung leluhur yang ada disana merupakan Simbol diri Lae dan Seluruh orang Batak???

    Sadarkah lae, jika simbol berupa patung itu, Monyet, Kucing dan Babi adalah Leluhur Lae, Berarti Lae menerima kalau Lae adalah Keturunan salah Satu dari ke-3 Hewan tersebut.

    Itulah Pengtingnya KEBENARAN BATU HOBON.
    ASAL-usul Orang Batak, dan Kepaercayaan kepada Allah Bapa yang Tri Tunggal Tuhan Kita.

    1. Thn 1986 Renovasi Batu Hobon.
    2. Thn 1988 Upacara pemusnahan pusaka peninggalan
    Nyi Roro Kidul (BIDING LAUT) putri dari Raja
    Tea-Tea Bulan di Pantai Selatan.
    3. Gondang Nyi Roro Kidul di Taman Mini disokong
    Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

    ini Hasil pekerjaan suatu organisasi yang terdiri dari dukun (Paranormal),Pendeta, ulama, dsb.

    Kalau Tokoh agama selalu berkotbah bahwa perdukunan adalah suatu berhala penyembah setan, lalu,,,,,,,

    Mengapa mereka bersatu untuk hal ini ?
    Lalu yang jadi setannya siapa?

    Mungkin bagi lae semuanya ini tidak penting, tetapi bagi Kerajaan ALLAH ini sangat penting.
    tiada hal yang paling penting selain Kebenaran Kerajaan Allah, Kerajaan Kasih.
    Tidakkah kamu mau kembali ke jalan yang benar sebelum HARI PENGHAKIMAN yang hanya beberapa masa lagi??????

    salam kasih,,,,,,,,alvatarz111@gmail.com,,,,,,,,

    • Alvatarz,…. terlalu lancang anda menyamartakan semua keturunan guru Tateabulan sudah di kuasai iblis. Kalau benar seperti yang anda sangkakan sebagai orang Kristen, saya mau tanya kebenaran dari anda, pada saat kehidupan Yesus kita mengetahui dan percaya bahwa satu orang muridNya yaitu Judas Iskariot menyerahkanNya untuk disalibkan. Apakah lantas semua muridNya juga turut menyerahkan Yesus untuk disalib?

      Justru ketidak perdulian sebagian keturunan guru Tateabulan terhadap makam/tugu yang di batu hobon menunjukkan bahwa tidak ada hubungan magis disana dengan keturunan guru Tateabulan.

      Mungkin sebagian orang percaya hal-hal magis yang banyak dibicarakan itu di batu hobon, tapi apa dasar anda menghakimi semuanya? sudahkah anda benar-benar benar?

      seperti yang pernah saya tanggapi sebelumnya, rasa kecewa anda justru anda manfaatkan untuk memprovokasi keturunan guru Tateabulan menuntut kembalinya sesuatu yang hilang dari batu hobon tersebut dan anda ingin menguasainya.

      Yesus kiranya memberikan pengajaran yang lebih nyata dalam hal ini kepada kita semua. Amin

    • Alvatarz,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, batu hobon ni sepertiapa sih? Dan letaknya dimana? Tlong petunjuknya.

      Slm.

  10. Saudara Ultop .. apanya yang lancang?????
    Bukankah itu fakta????

    Kalau kalian benar2 Kristen kog membiarkan kejahatan di kuburan leluhur kalian?.
    Lalu kenapa masih pakai marga dari mereka????

    OHH>>>> jadi kamu sudah tahu ada yang salah di batu hobon.
    Kalau begitu prinsip kamu, alangkah jahatnya hati kanu saudara ultop. Tega nian kamu membiarkan banyak dongan semarga dan sabangsomu na dipaoto-oto sibolis.
    dimana kasih kamu kepada sesamamu?????
    jadi kamu ingin selamat sendiri dan membiarkan yang lainnya tersesat????

    KALAU BENAR BERIMAN KEPADA YESUS JANGAN HANYA DI BIBIR
    IMAN TANPA PERBUATAN ADALAH MATI.

    TUGAS PENGIKUT YESUS MEMBAWA MANUSIA YANG SESAT KE JALAN KASIH.
    JADI LAKSANAKANLAH, JANGAN DIAM DAN PINGIN SELAMAT SENDIRI.

    SALAM Kasih…alvatarz111@gmail.com

  11. Sayang sekali tidak ada gambar dr Pohon yg diceritakan diatas…

    Mauliate nungga diparade dison
    Horas…

  12. sekedar berbagi cerita klo salah mohon petunjuknya…
    utk bung freddy rivay.pasaribu :
    lubis dan pasaribu adlah keturunan dr si rj.borbor.
    leluhur lubis adlh dt.pulungan tua (sahang maima) abang dr dt.dalu soaloon leluhur pasaribu.
    abang adek ini meninggalkan cerita yg dmn keduanya bertengkar dn hasil dr pertengkaran itu terjadilah yg nm nya ambar silosung dn ambar si pinggan. (coba cari di google dgn keyword dt. dalu dan dt. pulungan tua) tetapi akhir nya mereka berdamai dan keduanya di kuburkan satu liang klo tdk slah tempat nya diporsea.

    • aku baru saja membaca cerita anda dan itu mirip betul dengan sejarah yang kutahu, karena kita ini semua hanya pendengar yang diharapkan leluhur kita sbgai penerusnya. jadi klo ada yang berbeda itu wajar karena sudah begitu lamanya sejarah itu berlalu, mohon maaf buat smuanya, Naimarata adalah pengikat kita jadi satu Trimaksih.

      • Tidak ada naimarata yg mengikat kita jadi 1 bapa….
        Maaf….perkenalkan: saya charles lubis ( Tumonggo Lubis ). Sudah jelas bapa,bawah sanya Borbor membuat ikatan persaudaraan antara limbong mulana,sagala raja,dan singoraja. Di perkumpulan doa itu mereka mengikat janji,supaya menjadi satu. Tapi knapa di zaman/generasi kita ini menjadikan ikatan itu hancur?? Karna sifat egois yg tidak mau derajat dibawah. Jujur,mau apa pun kedudukan ku saat ini. Siap ku tanggung sama anak ku. Saya si lubis no 16. Dan anak saya no: 17 siap menerima semua nya. Tnks….

  13. tarombo pasaribu itu masih ada yang belum dibut…kurang detail…

  14. bah beda2 ceritanya…

  15. Hariara lubis itu sekarang tidak ada lagi kawan, sudah roboh alias marumpak, jadi fiksi telah gugur dengan marupaknya hariara lubis mauliate

  16. haras ma di hita sudena.tolong jolo angka nabotosa tarombo pasaribu yang benar dan lurusss yaa….horas ma

  17. kepada semua pomparan saribu raja dan borbor sekaligus horas ma di hita na di huta dohot na di parjalangan i..
    sai Tuhanta ma na mandongani hita saluhutna
    horas…. horas… horas……..

  18. horas ma dihita saluhutna,,,,,,,

    molo adongdo namabboto aha alana asa boi maruppk hariara lubis i,,,,,
    manangna adaongdo silaosi janji diparpadanan ni lubis – pasaribu???
    molo adang na umboto tolong jolo do kirim,,,
    Mauliate.

  19. Hariara di Lumban Rau itu sudah ratusan tahun usianya, jadi sudah uzur dan rontok pelan-pelan, mulai dari daun, ranting sampai ke pohonnya. Rontok dimulai dari Hariara Lubis, kemudian menyusul Hariara Pasaribu (Mungkin ada hubungannya dengan Usia Lubis lebih tua dari Pasaribu).

    Dahulu kala Lubis dan Pasaribu memang pernah terjadi perang yang saling menghancurkan satu kampung dengan kampung yang lain, tetapi mereka kemudian berdamai dan mengikat janji
    (marpadan) bahwa mereka seiring sejalan (dongan tubu) dan keturunannya tidak boleh saling menikah (bila pria ke lawan jenis harus panggil boru/ito/namboru). Bila sesama jenis (ampara/angkang/anggi). Sampai sekarang padan ini masih kokoh berdiri, ini patut dicontoh marga lain (bukan sombong lho.).

    Ada suatu marga yang berasal dari satu ayah dan dua ibu. Keturunan dari ibu kedua selalu menghujat keturunan dari ibu pertama, dan sampai sekarang sebagian besar keturuna dari ibu kedua tidak mau berdamai, sedangkan keturunan ibu pertama sangat ingin.
    Kalau ada yang mau berdamai, maka parsadaan turunan ibu kedua akan mengucilkannya.
    Para tokoh yang ingin berdamai itu umumnya adalah tokoh-tokoh agama, tapi ada juga pendeta yang tetap tidak mau berdamai.

    Hai kawan tirulah Lubis/Pasaribu, jangan turunkan dosa nenek moyang turun-temurun sampai generasi akhir jaman, stop sampai disini.

  20. salam kenal semua yg ber marga lubis & pasaribu dimana saja berada .horas,horas,horas tusude ama, kahanggi, anak boru

  21. Salam Sejahtera:
    Kepada marga pasaribu yang ada di daerah bogor yang memiliki usaha jual beli mobil bekas untuk di kirim ke SUMATRA, bagi yang tau nomornya sitompul yang di jonggol, mintak supaya di hubungi,

    Kebetulan Nomor yang marga pasaribu itu sudah hilang dari contak HP SITOMPUL JONGGOL tersebut.

  22. Horas ma tu sudena raja borbor…..
    Neng manukkun do au lae,piga marga do natutu na namasuk tu rumpun borbor marsada…….?

  23. horas …!!salam buat saudara saudara q semua semoga kita semua menjadi lobis lobis and pasaribu yang bisa d bangga khan

  24. saya mau nanya ,marga apa saja yang di larang menikah dengan boru lubis ?
    mohon di jawab ya ,terimakasih .
    horas .!

  25. Sedikit penjelasan..
    Saya brasal dari lumbanrau..tepat di bnjar jae
    Dan tnggal disana slama 18 tahun.
    Skarang saya di surabaya menempuh pendidikan yg lbh tinggi.

    Kalau soal hariara itu..
    Jaraknya it saya rasa skitar 75 meteran..
    Dan disana berdiri bngunan pemerintah yaitu kntor PlN..

    Saya sii masi muda.
    Jd kurang tau menau s0al hariara itu..

    Memank salah satunya hariara itu mati karna ulah se0rang mrga lubis.
    Soalnya hariara itu d bkar..
    Dan sekitarnya dijadikan kepun k0pi.. it hariara lubis)
    tetapi puji Tuhan memang sekitar hariara yg mati tsb sudah tumbuh pnggantinya..
    Skarang ini diameternya sudah 1,5 meter..
    Jaraknya hanya 2 meter dari jalan raya.

    Dan tingginya lbh tinggi dari hariara mrga pasaribu yg d sbrang jalan menuju b0rb0r..

    Jadi saya rasa trlalu brlebihan jika ada teman kita dsini mgatakan bhwa lubis jd mati..

    Buktinya lngsung tmbuh pnggantinya yg brtmbuh cepat.
    Dan tingginya jauh lbh tinggi dari hariara pasaribu yg d sbrang jalan..
    P0sisinya juga lebih bgus di tanah datar,,
    lain halnya hariara pasaribu yg tmbuh di tebing..
    It yg saya lihat dan ketahui slama di lumbnrau.

    H0ras ma di hita sudena

  26. Manda..

    Bnyak yg gk bisa kawin sama b0ru lubis..
    Smua mrga yg msi ada ikatan saudara sama lubis..

    Misalnya;
    gurning, manik, sagala, tarih0ra,, pasaribu, tanjung, sipahutar..parapat..

    G0dang nai d0pe

  27. Mohon bantuan dari saudara saudaraku suku bangsa batak (Toba, Mandailing, Karo, Simalungun, Dairi) anak saya lagi menulis skripsi tentang perkawinan semarga. Khusus batak toba mohon tanggapan marga2 dari daerah : 1. Samosir, 2. Parapat 3. (Porsea, Balige, Parsoburan), 4. Humbang, 5. Silindung. Untuk puak Batak lainnya bebas bebas saja.Mohon tanggapan serius ya. Tanggapan di emailkan ke : sunandelisianipar@yahoo.com atau 022.7798652 (Martua Suhunan Sianipar Fakultas Pertanian UNPAD) mohon ketika mengirimkan email atau faks mencantumkan : Nama lengkap, usia, pekerjaan Laki/Perempuan, pekerjaan, alamat rumah/ kantor dan nomor telp HP/ Rmh/Kantor. Mauliate godang. Martua suhunan Sianipar, Fakultas Pertanian UNPAD Bandung.

  28. di kampung ku labuhan batu utara. hanya yang sederajat dengan mereka yang mereka anggap saudara semarga.kalau orang miskin seperti saya walau semarga dengan yang kaya tetap gak di anggap.tapi saya bangga dengan silsilah marga saya walau saya tak bisa berbahasa batak..

  29. permisi semuanya appara/ito/lae dll, saya sangat tertarik membaca artikel dan komentar2 disini, saya adalah seorang anak yang lahir dari ayah lubis dan ibu pasaribu (saya tidak tau apa2 kan???) walau memang saat ini ayah dan ibu saya sudah berpisah, memang oppung saya makamnya berada di Simpang Gambir (Daerah Madina Tapanuli Selatan), oppung masih raja disana, oppung saya bernama Mangaraja Tagor Lubis, bagas godang beliau juga masih ada disana, tetapi saya yakin asal mula lubis adalah dari Taput (Raja Borbor) bukan dari bugis seperti kisah di Tapanuli Selatan, entah kenapa hati nurani saya lebih menerima kisah dari raja borbor, dan lagi-lagi Nenek saya bermarga pasaribu, walau kembali akhirnya sebelum mereka berdua meninggal dunia, mereka juga sudah berpisah, saya sangat tertarik dengan cerita hariara pasaribu dan hariara lubis tersebut, juga mengenai kisah batu hobon, juga tao si losung dan si pinggan, adakah kira2 diantara appara/ito/lae sekalian yang tinggal di sekitaran itu??? saya ingin sekali mencoba menggabungkan hariara itu, apa yg terjadi jika kedua pohon itu di stek??? dan apa yang terjadi jika kedua air tao si losung dan si pinggan di satukan??? karena saya sendiri adalah perpaduan dari lubis dan pasaribu

  30. saya keturunan Pasaribu (Habeahan)
    saya mw tnya’
    asal arga pasaribu thu jlasny drmna ea ??

    trus apa bnar nih pda jman dahulu nenek moyang qta tuh mnyembah berhala ???

    ada yang bilang dulu tuh mreka mnculik anak kcil trus di gongseng hidup-hidup dlam kuali pnas
    stelah gosong di pajang trus di sembah ?????

    • horas anggi aku lubis. mau nanya. betul nya kisah cerita yang anggi ceritakan dan ketahui tentang nenek moyang kita yang menculik anak itu ?

  31. untuk kahanggi/dongan tubu nami Lubis khususnya dan Borbor umumnya
    yg ada di Angkola dan Mandailing dan diseluruh dunia agar menjaga “padan atau sumpah”nenek monyang kita kalau marga yg termasuk Bobor tdk boleh menikah/kawin dgn yg semarga.yang masuk borbor Adalah Limbong,Sagala,malau,Harahap,batubara,Rambe,parapat,manik,Lubis,pasaribu,Ambarita,Gurning,Saruksuk,Matondang,Tanjung,Sipahutar,Daulay.Tarihotan maaf kalau gk sesuai urutan dan msh ada yg tidak saya sebutkan.horas ja dihita saluhutna, salam dr Rimson Panusunan bondar dr Marancar turunan ke 17 pasaribu,op.Datu Dalu,op.Sohalaosan sian Sioma oma

  32. horas ma dihita sasudena ,,,akka na mar hamaranggi,,,soal abang dohot anggi unang pala marsalisih,,,yg utama kt saling harga menghargai hormt meng hormati,,, salut,,,,,,,,

  33. horas semuanya

    saya tommy yacob pasaribu dari pansurna pitu
    lahir di jakarta jadi kurang paham silsilah adat dan sbagainya

    salam kenal buat semua..
    ohiya menurut cerita bapak ku ada tombak yang hanya bisa di angkat dan di pegang hanya oleh marga pasaribu.. tombank yang jaman dahulu di pakai buat menombak raja babi untuk menyelamat kan ???? (lupa )
    saya hanya ingin tahu nama tombak tersebut..?

    ohiya kalo bisa kita adakan pertemuan 2 untuk keluarga kita di sini dan marga pasaribu yang lebih luas lagi…

  34. Tanjung masuk kemana?

  35. Tanjung masuk ke mana

  36. Tanjung masuk ke mana?

Tinggalkan Balasan

