Jangan Naik Lion Air


” LION AIR PENERBANGAN KELAS ABAL-ABAL DAN SONTOLOYO “

Aku sangat marah dan kesal dengan pelayanan maskapai “Lion Air” yang bermotto “We Make People Fly” menurut aku motto ini sudah sangat tepat, (Karena saya benar- benar dibuat fly alias mabok dan kapok).

Hari sabtu kemarin tgl .07.07.2007 Istri saya harus pulang ke Siborongborong karena adik ipar kami meninggal dunia, setelah cari tiket kesana kemari pada travel langganan kami tak menemukan satu tiketpun untuk berangkat ke Medan, dengan kepercayaan diri yang tinggi kami terpaksa berangkat ke Bandara Sukarno Hatta walaupun belum memiliki tiket, dengan harapan bisa dapat tiket pada loket dibandara, dengan usaha yang cukup keras karena musim liburan (bandara pada hari sabtu kemarin persis PRJ) akhirnya kami mendapatkan tiket , dengan harga yang sangat pantastis satu lembar tiket Lion Air dengan jam berangkat 14.00 lega rasanya ,namun tunggu punya tunggu SATU JAM waktu berlalu , pesawatnya katanya terlambat karena belum landing dari Singapura kami masih maklum dan merasa itu masih biasa , menunggu dengan harapan segera datang. Sekitar jam 15.30 ada pengumuman katanya pesawat akan berangkat jam 16.00 , hati kami mendongkol mengingat istri saya harus mengajar waktu ke Siborongborong takut nanti adik kami telah dimakamkan, tak ada arti kepulangan istri saya kesana. Dan dengan hati bercampuraduk perlakuan Lion Air masih kami maklumi, pesawat tiba diMedan kira-kira jam 18.15 hati lega, namun apa lacur “Lion Air” berulah lagi bagasi istri saya tidak diketemukan dengan jawaban bagasi sudah turun semua yang ada dipesawat hanya bagasi yang tujuan ke Banda Aceh dan pesawat akan segera diberangkatkan ke Banda Aceh , tanpa ada usaha untuk menemukan bagasi tersebut, setelah istri saya marah-marah baru ada usaha untuk mencari dan diketemukan Jam 19.00 WIb waduh !!!

Aku dihubungi istri kejakarta hati saya panas dan marah kutelepon CallCenter nya Lion Air (Call Center yang jauh dari professional) , saya hanya dipingpong kesana kemari bajingan benar – benar dan aku teriak bangsat penerbangan Lion Air.

Anjuran :
Kepada saudara – saudaraku yang dari Medan khususnya dan seluruh Nusantara umumnya jangan pernah naik penerbangan Lion Air yang dengan pelayanan Sontoloyo dan penerbangan Abal-abal.

Iklan

22 Tanggapan

  1. Wah, pengalaman yang sangat tidak menyenangkan.

    Salam.

  2. Bukankah Lion Air sekarang lagi jor2an karena punya armada baru boeing yang dibangga2kan nya itu ?

    Susah hidup di Indonesia… Garuda mahal, Adam Air fly menuju kuburan, Air Asia pending seenak udel tak menghargai waktu, Lion Air begini, pesawat lain dah jompo.. Mar-ALS ma hita muse ? Amang tahe…
    * Habinsaran : Itulah lae, ALS pun sudah sekali seminggu sekarang , jadi tambah susah.

  3. Hanya satu pesawat Lion yang bagus. Itupun kita tidak tau jadwal perbangannya, jadi belum tentu kita dapat saat jadwal perjalanan kita. Yang lainnya memang kayak pedati tua.

    Masih ingat Lion Air yang tergelincir di Jokya? Pesawai itu sbulan sebelumnya prnah saya naiki k Jogja. Didalam suaranya bising dan bergetar. Bulan juni tahun lalu saya naik Sriwijaya dari Bali ke Jakarta, wah pilotnya seperti supir angkot di pasar sambu Medan. Saat menjelang landing di Jakarta, tibatiba naik lagi da….. ribatiba manuver…. kayak angkot medan yang melihat penumpang tibatiba di pinggir jalan.

    Smua penumpang pucat. sayapun pucat karena dalam perjalanan ikut isteri dan anak bungsu saya. Saat keluar pesawat saya tegur pramugarinya “pilotnya tenggen ya?”…. rupanya dia tak ngerti arti tenggen. Ba… sabar ma hita lae… di namasa on…

    Adapula penerbangan kita baru-baru ini ketinggalan bagasi di Penang….. hanncurrr. patutlah pesawat Indonesia dilarang terbang ke eropa.
    *Habinsaran : Betul lae, pas pulang dari medan istri saya (itomu) juga naik lion air dan delai lagi 3 jam , mampus perasaanku menunggu dibandara sd 11 malam hari kamis yang lalu.

  4. Sebenarnya ini cerita tentang kejadian yang menyebalkan. Tapi setengah mati aku terkekeh-kekeh, karena penuturan dan komentarnya lucu-lucu kali ah! Mulai dari we make you fly, ajakan kembali mar-ALS, sampai pilot yang tenggen.
    Ah, nungnga sega sude!
    *Habinsaran : Sampai sekarang sakit hatiku kepada Lion Air belum sembuh lae

  5. Ah Susah kali jaman sekarang ini mau apa aja pasti dikomentari padahal para komentator tsb belum tentu dalam hidupnya sangat mulus dan tdk pernah merugikan orang lain. jangan terlalu sakit hati mungkin saja kita pernah menyakiti orang lain.
    kalau saya maklum, itung-itung naik angkot yg nunggu penumpang penuh.
    Trims Lion karena selama ini penerbanganku dengan Lion selalu menyenagkan

  6. sbenerny mungkin pihak manajemen blm mngetahui hal tsb…mas…jdi lbih baek mas ngajuin saran lwat isiian ato form u/saran n kritik ke lion!!Biar manajemen Lion tau keluhan pelanggannya…Alu bual-bual omongan ga jlas…gada gunanya…btul pha btul?yuk..Qta bantu pnerbngan dmestik Qta dgn cra ngasi sran wat mreka…kan Qlu airlines2 d negara Qta maju k arah yg lbh bae..Qta jg yg bangga jadi warga Negara RI…Siap mas!!!trimaksi…

  7. asalkan bapak2 tahu, call center lion air jangan terlalu dibawa2 disini…

    anda2 semua tidak tau apa2 dgn yang terjadi pada cc-nya lion…

    1. mereka digaji rp.380.000/bulan…

    2. uang makan rp.25.000/hari

    3. telat absen, uang makan hangus

    4. perjanjian kontrak, istirahat 1 jam… kenyataannya, makan 15 menit, shalat 10 menit

    5. apabila “lost” (istilah untuk kelewatan mengangkat telpon, meskipun cuma 1 detik) mereka harus menambah jam kerja mereka selama 1/2 jam TANPA DIBAYAR (dan tidak jarang lebih dari 20 orang lembur selama 1 jam tanpa dibayar)

    6. apabila ada kesalahan harga, dan terjadi penggantian kerugian, maka cc yang bersangkutan yang menggantinya dengan uang pribadi (bahkan ada yang mengganti berkali lipat dari gaji mereka…

    hal ini sudah sering dilaporkan, tetapi tidak ada tanggapan dari pihak lion…

  8. LION AIR tidak konsisten trhadap kosumen nya,hanya mementingi diri sendiri..
    kami sbagai kosumen LION AIR merasa kecewa yg mn LION AIR cm bs mengatakan ’tilket hangus’tampa ngasih solusi apapun kepada kami.

  9. saya jadi serba salah..
    jujur, slma saya kuliah, armada yang saya gunain untuk mudik Yogya-Jambi, Jambi-Yogya ya Lion, alasannya ya krna tu tiket pswtnya murah euiy..
    hehhhe..

    tapi kesel juga karna hampir setiap pnerbangan saia slalu bermasalah dg bagasi,.
    masalah klasik si, tiap terbang dg lion tiap itu pula travel bag saya jd cacat.
    gagang travel bag nya yg patah, jinjingan tas pakean saia yg putus, bahkan travel bag saia pernah ktinggalan dijkarta padahal saia udah nympe jogja..
    huff..
    tapi ya mau gmna lgiii…
    cuma Lion yang bisa bawa saia kjogja dg harga tiket yg tetep trjangkau walau musim liburan..
    hehehhe….=p

  10. Lion air..oh Lion Air…
    Selain konsumen,kami dr travel agent pun sering kecewa dgn pelayanan mereka.peraturan yg tidak jelas mengenai refund,cancel fee dan lain2 membuat kami juga bingung mengonfirmasikan kpda planggan kami.belum lagi,sepengalaman saya , Lion air g punya kantor kota, sehingga kami sangat sulit meng-claim dan menyelesaikan urusan2 tiket.kantor Lion hanya di bandara,telp nya g pernah bisa dihubungi krna g diangkat.kalaupun diangkat,qt mesti telp berulang2 bisa mpe lbih 1/2 jam.huuuuuh…mau g mau harus telp call center.masalah baru,org call centernya g profesional.klo saya tanya sesuatu ttg tiket,dia bilang tunggu sbentar ya mbak,lalu di hold…nunggu..nunggu..nunggu..tuuuut..tuuut..tuuut…lah malah mati!!!gubraaaak.sebel bangeeeeeeet
    tp itu dulu…skrg kayaknya dah lebih baik tuh.playanannya lebih ramah n g di hold2 lagi…saran saya, klo telp call center lion,lngsung telp ke kantor nya,jgn ke kantor call centernya.telp ke 021-63798000

  11. saya jg baru mengalami kejadian menyebalkan
    sy booking penerbangan Solo-Jkt dg Lion JT537 utk bbrp hari mendatang dgn jasa agen tiket, setelah tiket issued, malamnya saya iseng cek di internet, harga malah lebih murah 110rb lebih (harga 390rb jadi hanya 287rb) saya BBM ke staf agen tiket langganan saya, katanya memang saat dia booking hrg termurah V class 390rb, berarti sekarang Lion buka kelas X yg lebih murah katanya. Mangkel bgt rasanya, ga terima, saya tlp ke call center Lion 021-63798000, diangkat oleh staf bernama Iwan, dia malah menyalahkan agen tiket. Lalu sy ceritakan alasan agen tiket, baru staf mengaku “sistem” bisa menyebabkan kelas murah dijual kemudian. Wkt sy bilang, sy tukar dong dg kelas X itu, dia blg oh tdk bisa bu, ibu harusnya tegur agennya…CAPEEE DEEEH… bodoh bgt ya staf ini. yah nasib…buru2 issued tiket supaya hrg tdk naik, malah harga turun…Muangggkkeeeelll buangettt deh! Kapok sama pesawat “murah” ini

  12. Harga murah, maka pelayanan murahan juga. Sesuai lah….
    Kalau mau yang pelayanan oke, maka harus rela bayar lebih mahal. Konsumen Indonesia harus sadar, mau pelayanan oke, tapi dengan harga murah ya 1 banding sejuta laa alias mimpi…..

  13. Setuju, JANGAN NAIK LION AIR, pelayanannya sangat MENGECEWAKAN!!!

  14. Ass. Wr. Wb.. pada tanggal 18 Agustus 2012 yang lalu, sy juga mengalami hal yang sangat mengecewakan oleh petugas maskapai Lion Air yang berada di bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Saya bersana keluarga hendak berangkat mudik lebaran ke Kendari-Sultra dan mendapatkan ticket lion air yang jam penerbangannya sesuai ticket adalah pukul 15.20, tapi pas kami sampai di bandara ternyata bording pukul 14.50. Sebenarnya kami senang krn tdk perlu terlalu lama di bandara, ttp petugas maskapai tiba-tiba mengumumkan melalui PA bahwa kami sdh harus naik pesawat pd saat itu. Saya langsung bergegas ke pintu waiting romm di Gate 4 dan memohon waktu sedikit karena istri dan seorang anak saya msh sementara di toilet. Pada saat itu juga sy menyampaikan pada seorang petugas maskapai (perempuan) bahwa diticket kami pukul 13.20 tp jawabannya bahwa penerbangan dipercepat. Saya sempat agak protes karena penerbangan dipercepat tanpa ada konfirmasi dari pihak maskapai tapi tidak ditanggapi oleh petugas maskapai yang ada disitu. Akhirnya setelah sy menelpon ke istri saya maka tdk berselang lama dia dan anak saya datang selanjutnya kami bergegas masuk ke waiting room. Pada saat kami baru saja keluar dr pintu waiting room dan menuju ke pesawat melalui lorong (belalai), tiba-tiba seorang petugas maskapai bernama WAHYUDI mengucapkan kata-kata “SUDAH TERLAMBAT NGEYEL”, sungguh kata-kata yang sangat tidak berkenan saya mendengarnya, dan karena tdk tahan mendengarnya maka saya berbalik dan mengatainya “SONTOLOYO”, dan ternyata itu membuatnya bereaksi yang terlalu berlebihan karena dia langsung berlarian kearah saya seperti hendak memukul saya, tp untung saja hal itu tidak dia lakukan. Sungguh pelayanan yang amat sangat tidak baik dan mengecewakan. AKHIRNYA berpulang kepada managemen Lion Air, bgmn anda menyikapi petugas anda yang berprilaku seperti WAHYUDI itu.. tks

  15. saya baru saja mengalami kejadian yg sama lae..
    jadi ceritanya saya br selesai tugas di kota Toboali, Bangka Selatan. Hari Sabtu tgl 22-12-2012, saya dan 2 orng rekan kerja saya pulang ke Jakarta melalui Pangkal Pinang. Dua teman saya membawa masing2 satu travelbag (softcase), dan satu kardus kecil ( ukuran kardus laptop ) yg isi nya makanan (utk oleh2). dan saya sendiri membawa satu koper hardcase (ukuran medium), dan satu kardus kecil jg. Saat di timbang saya melihat koper saya berat nya melebihi batas max. yg klo ga salah 20KG. lalu petugas tidak konfirmasi apa2. lalu akhirnya kami bertiga memutuskan agar kardus kecil yg kami bawa juga di masukkan bagasi, dan ternyata di perbolehkan. yasudah, akhirnya semua bagasi kami diterima. lalu jam 15.30 berangkatlah kami ber-3 dan penumpang lainnya menuju jakarta. 16.40 kami Sampai di Jakarta, saya dan teman saya turun dari pesawat (737-900ER nya LION yg katanya pesawat Baru itu) belakangan karena penuh. Saat di mulut pintu depan pesawat saya kaget setengah mampus. karena pas saya di depan pintu, ada seorang petugas darat (yg biasa ngecek Manifest penumpang) bertanya sama pramugarinya. dia nanya “manifest-nya mana Mbak?”. lalu pramugarinya setelah senyum sama saya, dia bilang, “ga ada mas, ga di kasih dr pangkal pinang. ini kan pesawat dr jambi, juga ga di kasih waktu di sana……jd ya ga ada mas……”. trus petugas darat cm bilang, “….ooooooohhhhhhh…..gt ya…???jd ga ada ya mbak???”. trus dia ikut turun di belakang saya… ( 1. hal mengerikan yg pernah saya dengar selama saya naik pesawat di Indonesia). lalu saya menuju tempat pengambilan bagasi. Saya lihat wah rame bgt nih. trus ada petugas2 dr LION nya. Saya pikir wah sepertinya ada baik nya nih Maskapai, penumpang di bantu mencari Bagasi. Setelah sebagian bagasi keluar, ( koper saya, 1 travelbag softcase teman saya.)seorang petugas menghampiri kami, lalu bilang, ” maaf pak, bagasi nya boleh saya cek dl? soalnya ada sebagian bagasi yg ga ke bawa karena pesawatnya overload Pak..”. dan ternyata bagasi kami yg belum keluar memang masuk daftar bagasi yg tidak di bawa. akhirnya kami bertiga mengisi form di counter Lost and Found Lion Air. setelah mengisi form dan memberi ciri2 dari bagasi yg kami punya, mereka menjanjikan bagasi akan ikut pesawat berikutnya jam 20.00 sampai jakarta. kami memutuskan untuk dikirim saja karena terlalu malam. setelah sampai rumah saya mendapat kabar dari 1 teman saya kalau bagasi kami telah sampai. tapi sampai hari ini barang saya belum sampai juga…… haddduuuuuuhhhhh….
    pesawat nya katanya baru, muatan lebih besar, tapi kok begini?????

  16. Bahasa saya ya inilah maskapai bangsat di indonesia, mau uangnya tapi tdk mau repotnya babar blassss, dari dulu sy sdh ragu2 dg yg namanya LION AIT, tp klo pas tiket lain habis atau mahal2 ya yg saya lihat lion juga, bedebah ni mau refund yg tgl 4 agst 13 selagi ini msh tgl 2 khan msh ada waktu 2×24 jam buat cancel,,,woww saya setengah mati dipingpong dr 021,,nya ke 0804nya,,,’maaf agen kami sedang melayani pelanggan lain’….itu berarti yg dipakai hanya mesin penjawab dan gak ada orangnya,,,,,CS nya fiktif belaka, saya coba masuk ke situs LION AIR lewat ‘LOGIN” jawabnya ‘Periksa segera kembali Kami sedang memperbaiki situs kami untuk melayani anda lebih baik’ itu terus menerus dari malam hingga pagi saya coba tdk bisa LOGIN….hati2 dengan LION AIR, BATIK AIR itu satu atap…mumpung bulan puasa org2 yg terdholimi berdoa ‘semoga hancur maskapai LION AIR dab BATIK AIR’ amiiiinnnnnnn

  17. Bahasa saya ya inilah maskapai bangsat di indonesia, mau uangnya tapi tdk mau repotnya babar blassss, dari dulu sy sdh ragu2 dg yg namanya LION AIR, tp klo pas tiket lain habis atau mahal2 ya yg saya lihat lion juga, bedebah ni mau refund yg tgl 4 agst 13 selagi ini msh tgl 2 khan msh ada waktu 2×24 jam buat cancel,,,woww saya setengah mati dipingpong dr 021,,nya ke 0804nya,,,’maaf agen kami sedang melayani pelanggan lain’….itu berarti yg dipakai hanya mesin penjawab dan gak ada orangnya,,,,,CS nya fiktif belaka, saya coba masuk ke situs LION AIR lewat ‘LOGIN” jawabnya ‘Periksa segera kembali Kami sedang memperbaiki situs kami untuk melayani anda lebih baik’ itu terus menerus dari malam hingga pagi saya coba tdk bisa LOGIN….hati2 dengan LION AIR, BATIK AIR itu satu atap…mumpung bulan puasa org2 yg terdholimi berdoa ‘semoga hancur maskapai LION AIR dab BATIK AIR’ amiiiinnnnnnn

  18. Saya baru saja mengalami hal yang sama, ini pertama kali saya naik lion karena melihat tiket yg murah di high season. Sebelumnya saya hanya mendengar dari teman2 saya jangan naik lion karena pelayanannnya yang murahan dan sangat buruk. Hari ini saya ke bandara sampai jam 04.00 pesawat berangkat 04.30 saya tidak memesan bagasi dan sudah ada tiket. Dia bilang tidak bisa sudah penuh, bagaimana sudah penuh kl tiket sudah di tangan? Lalu saya dipingpong dan tetap tidak bisa sampai akhirnya saya membeli tiket baru. Itupun pada awalnya pihak lion mengatakan 1.4jt dan saya cari sendiri lalu ternyata ada yg 800rb. Kemudian dia baru bilang oh iya ada, lalu saya diarahkan ke ticketing di sana saya nanya lagi tiket paling murah, dia bilang 1.4jt. Lalu saya bilang tadi ada yg 800rb, dia bilang sudah penuh. Lalu saya arahkan lagi coba check lg dan melihat saya buka gadget saya, si mbak ticketing ini bilang mau liat tiket berangkatnya, barulah di situ dia proses dan mendapat yg 800rb, lalu saya lihat di gadget saya ternyata masih ada yg 800rb. Berpikir ini adalah sebuah permainan, karena om saya jemput di bandara dan komplain jg kl dl di Surabaya pernah mengalami pelayanan yg buruk jg. Bagasi sudah di bawa terbang sedangkan orangnya blm berangkat. Sampai akhirnya dibawa ke pos dan adu mulut dg pihak lion hingga akhirnya om saya ini ksh pilihan dia tidak mau bayar harga tiket baru, atau kembalikan bagasinya skg. Akhirnya om saya ttp membayar meskipun bukan harga tiket baru dan kesalahan bukan dr om saya. Dulu saya pernah naik Tiger air pelayanannya bagus, meskipun tidak sekelas Garuda. Teman saya dtg dan msh sisa waktu 30 menit wkt itu keberangkatan ke Malaysia dan masih diperbolehkan meskipun jd terburu2. Dan hari ini pertama kali saya naik Lion ke Bali, tidak pakai bagasi, tiket sudah di tangan. Pihaknya bilang sudah closing dan penuh. Satu kata untuk penerbangan terburuk yg mau uangnya saja ini, BANGSAT! Semoga cepet bangkrut! AAMIIN. Warning saja, jangan pernah naik Lion semurah apapun. Lebih baik selisih 100-200rb dg penerbangan lain. Mutu berbicara. Kalau ada teman atau keluarga kalian yg mengalami hal tsb, percaya saja! Pasti lebih banyak yg komplain daripada yg puas.

  19. ya bener LION air sumpah bobrok cak!!!
    saya dari batam pesan tiket batam surabaya dan jelas jelas tulisannta DIRECT flight tanpa transit.. tetapi tiba2 ada kru maskapai sok baik.. membantu saya chexk in tanpa antri .. saya bngung dan bertanya loh knp harus transit sedangkan di tiket saya direct flight tanpa transit. tidak ada yg menjawab dan hanya menjawab mmg harus transit di bandung. waktu saya booking banyak pilihan transit jakarta dkk.. ttpi saya tidak mmilih dan pilih harga agak mahal dikit. sejak itu saya janggal.. ok lah yg penting saya selamat. kedua.. penerbangan saya delay 45 menit . oklah.. yg pnting saya sampek. ketika boarding.. koper saya memang tidak saya taruk bagasi..karna cabin package dan saya malas harus mnggu antri untuk kooper. . tiba tiba saya dipanggil mbak..mbaa..kooper nya kebesaran. kebesaran dr hongkong. ini cabin desain ya.. tetep ngeyel alasan cabin penuh. ok saya nurut. dan dikasik labelling.. dan bilaag untuk turunnya disurabaya ya ..ambil kopernya disurabaya. dan saya sampailah disrbya. saya berdiri 1 jam. kooper saya alamat.. tidak ada.. setelah dikonfirmasi koper saya salah labelling!!!!! goblokkkkk!!!!!! tertinggal di bandung!! dan saya adu debat..dan dikatain sama pegawainya masak gtw mbak klo ini labelling bandung.. goblok.. mosok aq ya ngecek.. gt gt.. iam customer..ok.. akgirnya saya marah2. dan disuruh ngggu sampai jam 21.00 saya tiba 18.30. dengan muka masam..sy mnggu.. dan tiba2 perempuan gila itu blg kopernya gaa kebawa ternyata. gooblokkk!!!! trus tadi dia konfirmasi apa… astaga disitu saya muarah. dan menanyakan boarding pass.. dan bilang klo boarding pass ilang gbisa diklaim kehilangan brang. asuuuu mmg mereka gbisa liat passenger list saat itu.. sumpah TENAGA dan MANAjemennya bOBROK!!!! fuck for u lion air

  20. saya tambahin ya, mending naik LCC lain kalo mau murah atau beli yg mahal sekalian kalo mau dapat service excellent.
    tgl 6 juni 2016 kemarin, seharusnya saya terbang dari Malaysia (KUL) ke Indonesia (CGK).
    web check in error, petugas lion air tak ada di airport, alhasil saya tertinggal pesawat & harus beli tiket lagi.
    tepat hari ini, saya menulis komentar disini, saya mendatangi kantor pusat lion air di gajah mada jakarta, dan menjelaskan kronologinya ke staff customer care nya.
    jawaban mereka adalah, untuk penerbangan international tidak bisa web check in (tidak ada note seperti itu di website lion air), dan tidak ada kompensasi apapun.
    mereka jg menjawab, kenapa anda tidak nenghubungi call centre kami via telpon? (lu pikir murah telp customer service secara roaming).
    setelah debat kusir, saya putuskan untuk ucapkan : “NO MORE FLY WITH DAMN lion air!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: