Indorayon menggalakkan penghijaun ?


Tulisan ini saya ambil dari milist Parsoburan-Habinsaran dengan sedikit polesan yang ditulis oleh Sdr. Sudianto Tanjung putra dari desa Lobuhole – Habinsaran yang saat ini tinggal di Doha – Qatar.

Saat Indorayon sedang giat – giatnya melakukan penghijauan diseluruh wilayah Lobuhole – Habinsaran, dengan cara yang agak unik karena mereka melakukannya dengan cara-cara sebagai berikut ini :

  1. Indorayon mengontrak lahan penduduk selama 40 tahun, tetapi tanpa ada ikatan harga kontrak yang jelas dengan sipemilik lahan.
  2. Yang menjadi pekerja pada lahan yang dikontrak adalah masyarakat sekitar dengan upah perhari Rp. 32.000,- kerjanya menyiangi tanaman yang ditanam (Mangarambas).
  3. Perhitungan pembagian hasil kelak 40 % sipemilik lahan dan 60 % untuk Indorayon .

Kalau ditinjau dari kondisi poin nomor 2 dan poin nomor 3 sepertinya ini jalan yang baik untuk memberikan hasil dan lapangan kerja bagi penduduk setempat dan semoga apa yang menjadi niatan dari indorayon itu menjadi baik hasilnya bagi penduduk sekitar Lobuhole.

Namun apabila dilihat dari poin nomor 1 ada apa dengan tujuan tidak mengatakan atau menunjuk satu harga terhadap kontrak yang begitu panjang rentang waktunya, jangan – jangan ada udang dibalik rempeyek ?

Alangkah baiknya kalau ada yang menjelaskan ini atau mengurusnya agar menjadi jelas dan tidak menjadi kasus dikemudian hari yang bisa merugikan masyarakat setempat.

Iklan

5 Tanggapan

  1. semoga TPL lebih giat lagi memperhatikan habinsaran, masyarakat habinsaran perlu sekali bantuan dari pihak TPL dalam alokasi pengembangan desa.

  2. semoga TPL lebih giat lagi memperhatikan habinsaran, masyarakat habinsaran perlu sekali bantuan dari pihak TPL dalam alokasi pengembangan desa.

  3. Harapan masyarakat parsoburan TPL, akan memperhatikan parsoburan, mereka tiodak hanya mengambil SMA yang di daerah parsoburan,
    tugas dan tanggung jawab PT.TPL adalah. melakukan perbaikan pada lahan lahan yang pernah di garap mereka. salah satunya adalah penghijauan tanaman industri jangka panjang
    terima kasih

    MSGN

  4. sori maksudnya bukan mengambil SMA, tetapi SDA (sumber daya alam)

  5. Kami Organisasi kemasyarakatan KOPASTI Gepak kaltim selalu punya program bulanan pembagian Bibit Buah-buahan dan sunata gratis setiap saat di wilayah kerja kota samarinda dan sekitarnya ..Mo lebih tau infonya Klik. http://www.kopastigepak@yahoo.com

    Sekretari KOPASTI Gepak kaltim ( Ony s. / Bayu )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: