Apakah Marga Sipisosumalim ?


Dalam cerita Sipiso Sumalim katanya berasal dari Habinsaran, namun hingga kini belum ada satupun pernyataan resmi dari Bangso Batak apa sebenarnya marga dari Sipiso Sumalim dan Pangurupinya (Sitakkaltabu) bahkan kami yang berasal dari Habinsaran sana sama sekali tidak tahu marga apa beliau ini, yang kami tahu marga-marga yang ada dihabinsaran adalah salah satunya marga Pardosi,dan masih banyak marga lain misalanya marga keturunan Tuan Dibagarna, ada yang bisa kasih info ? atau cerita ini hanyalah khayalan belaka ?

Dan juga ada cerita mengenai Sibursok Mangalandong yang konon katanya memiliki horbo (kebau) yang melakukan ritual minum dari kolam yang ada dihabinsaran dengan cara marsobur yang menjadi cikal – bakal dari nama satu kampung dihabinsaran sana dengan nama Parsoburan yang berasal dari kata Marsobur.

Menurut info yang kami kumpulkan dari beberapa sumber disekitar Ombur – Habinsaran disana kita bisa menemukan tempat marmahan (menggembalakan kebau) dan sebuah tongkat dari Sibursok Mangalandong, semoga nanti kalau penulis pulang kampung akan mencoba mencari fakta yang ada disana siapa tahu bisa menjadi tempat wisata baru bagi kita yang berasal dari tanah rantau ini .

Iklan

5 Tanggapan

  1. Aku hakkul yakin, marga si Piso Somalim: SIPAHUTAR. he-he-he…
    *Habinsaran : Bisa saja amang ini , 🙂

  2. Ada yang bilang lae Sipisosumalim marga Doloksaribu dari Nagatimbul kawasan Lumbanlobu.
    Dari Habinsaran hanya lintasan saja.

    Ada intermezzo lae tentang Parsoburan. Katanya setelah air bah surut, sebuah perahu nyangkut di Dolok Borotan Panamparan Habinsaran. Darisanalah awalnya binsar matahari mereka lihat. Setelah mereka keluar dari perahu bersama semua ternaknya ada telaga kecil ditemukan sehingga disanalah marsobur. Setelah mereka memandang air yang surut itu mengumpul seperti awalnya danau toba saat ini, mereka menyimpulkan untuk bermukim dekat danau itu dekat bukit “pusuk buhit”. Ahhhh ada .. ada … ada saja ya lae .. 😀

  3. Si Piso Somalim bermarga Dolok Saribu. Makam Si Piso Somalim Dolok Saribu berada di Desa Hatoguan, Samosir. Desa Hatoguan berada di Ringroad Pulo Samosir antara Pangururan dengan Nainggolan-Simbolon.
    Si Piso Somalim Dolok Saribu adalah tokoh mampu memperdamaikan kelompok-kelompok marga yang bertikai di masa lalu. Dia sendiri adalah pendatang di daerah itu.

    Edward Simanungkalit

  4. Seperti disampaikan Edward Simanungkalit, memang benar ada makam Si Piso Somalim di desa Parbalohan, Hatoguan, Samosir. Kebetulan desa itu atau lebih tepatnya “huta” itu adalah huta tempat ayah saya dilahirkan. Sejak tahun 1997, keturunan Si Piso Somalim keturunan boru Simbolon sudah membuat pertanda di kuburan Si Piso Somalim yang ada dibelakang huta itu. Sesuai tona dari inanta boru simbolon kepada semua keturunannya, maka mereka membuat pertanda disana. Dan semua keturunannya yang datang berjiarah kesana adalah Marga Dolok Saribu. Konon, menurut ayah dan ompung kami, makam Si Piso Somalim memang ada 2, yaitu di daerah Porsea dan yang di Hatoguan ini. Konon menurut ceritra para ayah dan ompung, yang di Porsea itu di urus dan di jiarahi oleh keturunan Si Piso Somalim yang lahir dari istri SI Piso Somalim yamg boru Manurung, karena Si Piso Somalim yang marga Dolok Saribu adalah masuk Silahi Sabungan menikah dengan paribannya boru Manurung. Demikian sekilas informasi tentang fakta sejarah yang ada di Hatoguan bahwa Si Piso Somalim ber marga Dolok Saribu.

  5. Sipiso Sumalim adalah marga Dolok Saribu dari Luumban Holbung desa Naga Timbul Kec. Bona Tua Lunasi, meninggal di Samosir. Maksud dari Habinsaran (Timur). memang Naga Timbul adala berada di sebelah Timur dari Samosir. Mereka baru mengadakan pesta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: