Amangoi tahe, hutam do on kan ?


Saya searching di google mengenai Parsoburan – Habinsaran saya menemukan berita yang menyedihkan hatiku, disana kutemui sebuah daftar yang dirilis oleh PNPM  (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) dengan judul Daftar Desa Tertinggal PNPM Pedesaan, Berdasarkan Surat Penetapan Lokasi Kegiatan PNPM Mandiri Tahun 2008, No: B.177/MENKO/KESRA/10/2007,Jakarta, 10 Oktober 2007. Walaupun ada kesedihan didalam hati, ini kusajikan kepada semua saudaraku pemuda-pemudi, para perantau yang berasal dari Habinsaran – Parsoburan untuk menjadi sebuah bahan renungan diakhir tahun ini bagi kita dengan harapan semoga pada tahun yang akan datang daerah kita ini tidak masuk lagi dalam daftar ini, untuk saudaraku mari kasih sumbangsih baik pemikiran, pelaksanaan untuk daerah kita ini, bagi yang sudah bisa berbuat sesuatu disana segeralah berbuat, ingatlah bahwa daerahmu, bonapasogitmu itu menunggu kedatanaganmu, menunggu kehadiranmu bagaikan seorang kekasih yang telah lama ditinggal kekasihnya, mari membagun daerah Habinsaran – Parsoburan  “Amangoi tahe, hutam do on kan ?, mulak paturema”, inilah desa – desa yang tertinggal itu :

LUMBAN RAU TENGAH
LUMBAN RAU TIMUR
PARSOBURAN BARAT
LUMBAN BALIK
PANAMPARAN
LUMBAN RUHAP
LUMBAN PEA
HITE TANO
NAPAJORING
SIPAGABU

Habinsaran i marpaima doi , diharoro ni anak naung marhasil i, boanma siluami, boanma holong mi tu Habinsaran nauli i,

Iklan

11 Tanggapan

  1. Tarsonggot jala tarhatotong do iba mamereng barita on bang,
    molo nietong do sebenarna nungnga tung mansai godang akka
    halan naung berhasil sian habinsaran jala termasuk ma sian akka
    daftar desa na tertinggal i, godang do goar ni anak nihutai
    naung tarbarita diluat nadao, nga tarsar barita ni nasida mungkin
    dang tusandok portibion, alai anggo apala di asean mungkin nga godang akka sian hutaon

    alai aha do nuaneng mambahen hurang diparrohahon hutanaon ate?
    naung adong do nuaeng diroha nasida hutanai dang tarpamajube
    manang na jonok diida mata dao diida roha ido nuaeng dihalaki??
    onma gabe sukkun-sukkun nabalga dirohakhu, aut tarbahen au
    paulihon hutai, hubaen do nasa gogokhu mangankat goar ni hutai
    gabe sada goar na tarsar diportibion
    *Habinsaran : Olo do ra

  2. Memang keterlaluan do pamarenta on, dang boi di padenggan dalan na tu Parsoburan i. Molo masuk sian Silimbat lewat Silaen sai hira naso adong be huta di ujung ni dalan i. Di pasombu do akka ranggas-ranggas manutupi dalan to Parsoburan. Memang godang do naung maju kaluar sian Parsoburan (Istilahnya lao paias hon alaman na be do pei.) SELAMAT MARTABE, HORAS.

  3. Sebenarnya bukan hanya KecamatanHabisaran saja yang masih tetinggal. coba kita lihat kecamatn lain di TOBASA semisal Kecamatan Silaen dari sejak dulu sampai sekarang tidak ada perobahan malah ada penurunan standar (budaya, ekonomi, sosial dan lain-lain). Kalau saya melihat bukan faktor dana penyebabnya, karena sejak dari dulu kecamatan Habinsaran penghasil komoditi sektor perkebunan yang sangat potensial dimana perdagangannya sekitar tahun 1970 an dimonopoli oleh segelintir perusahaan dari Habisaran dan bandingkan dengan daerah Sidikalang. Ini semata-mata karena faktor SDM (Sumber Daya Manusia), bukan hanya di Habisaran permasalahan SDM ini tetapi merata diseluruh kecamatan di Kabupaten TOBASA.
    Apabila SDM ini kita tingkatkan terutama Integritas, Niat untuk membangun daerahnya, kejujuran dalam mengelola pembangunan dan tidak pamrih. Nah…. orang yang begini hakul yakin tidak ada, selalu ada pamrihnya setiap ada kegiatan. Jadi yang utama menurut saya kita tentukan dulu siapa pemimpin kita yang jujur dan minimal berapa orang anggota dewan dari Habisaran untuk Legislatif di Kabupaten dan Provinsi (itu pun kita lihat integritasnya baru kita pilih dia) jangan seperti yang dulu-dulu lagi memperkaya diri sendiri. Adios…………………….

  4. MARSIPATURE HUTANABE

  5. untung ma ndang masuk huta ku bah lae, hehehehe.
    ido setuju do au, beta marsipature hutana be…toe!!
    horas!!
    *Habinsaran : beta rap mahita

  6. Molo Damang panurat on par diado huroha ateheng?
    Pola boi dibotohamu sude angka parniahapan ni par hamian,,,,,,,,,,ueeeeeeeeeeeee taheng atik naso Indonesia do ulaning huta otteng.Rohana madisi sintap mi natolapna mar sombu-sombu (sifat tega)nya memang sudah melekat dari zamannya si ……….

  7. Mari kita doakan Propinsi Tapanuli cepat disyahkan agar desa yang tertinggal ini segera bangkit dari ketermiskinan.

    Dihamu akka putra-putri sian Hutai, lehon hamu tikki, pikkiran dohot na asing asa maju hutai.
    Halak hita pantang do manjalo bantuan molo tolap dope mangulaossa.

    Horas.
    *Habinsaran: Ahu pe antong lae sai hupaima do hajajadi ni Pro Tapanuli

  8. Parhorason ma dihita saluhutna anggiat toktong dipasu pasu Tuhan hita saluhutna. Panandaon di Tuhani ma nian jumolo tapadenggan asa anggiat gabe masyarakat na biar mida Debata hita saluhutna. molo dung biar hita di Ibana tottu hitape olo do paturehon hutattai. Ai nunga godang anak dohot boru sian Parsoburan naung hasea alai dang adong namangingot paturehon hutai. holan tikki adong do ulaon pesta asa diingot mulak. Molo dung naeng adong siulaonna disima didok tulangku si Pardosi, udakku amani ultop, bapakku nadi Gonting, hula hulakku nadi Hutagorati… Alai sae ulaon sae ma sude na anguri begeon….
    Ee… tahe…halak kita…!!!
    rap tapature ate hutattaii….. HORAS…!!!

  9. Horas lae Benyaris, boha do nuaeng kabar ni lae?
    sehat do kan?
    didia do nuaeng tinggal ni lae?
    Eh.. ai ditanda lae do au tahe? molo au alumni ni Kls 3 IPS 2 do…

    Salam…!!!
    alamat e-mail
    adityafrans78@yahoo.com (FS&YM)
    rizky_lubis@ymail.com

  10. Yang menyedihkan, penyaluran SPP PNPM di Habinsaran malah dinikmati kalangan PNS. Mereka, para PNS tersebut, tidak tahu malu sama sekali.

  11. Horas…………Bner skali.Tpi yg paling disedihkan adalah pribadi2 anak Parsosubaran itu sendiri,knp Saya katakan demikian?…sekian bnyak anak2 Parso yg memiliki taraf ekonomi mapan diperantauan,tp bisa dihitung jari orang2 yg peduli trhadap kampung halaman sendiri…Apakah harus demikian????…..Hurasa dang adong na solas rohana ni anak Parsoburan molo Parsoburan itu lam maju…..Apakah kita harus berharap pd orang lain untuk memajukan Parsoburan?…Jadi Kalau Saya sendiri berharap/mengajak,anak2 Parsoburan membentuk sebuah komunitas yg bener2 mampu/bertujuan mengembangkan Huta Parsoburan…Contoh GERAKAN PENGUSAHA ANAK PARSOBURAN .Mauliate…Horas Parsoburan Huta Hatubuanki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: