PLTA Victoria di Nassau


Foto ini bercerita tetang proses pembagunan PLTA Victoria (Sampuran Sipittoa) di Kec. Nassau , pembangunan PLTA ini dilaksanakan oleh PT. Impola , yang diharapkan bisa menyuplai Tenaga Listrik di Tobasa.

Iklan

11 Tanggapan

  1. HORAS PARSOBURAN……….!

    PLTA ini mudah-mudahan jangan cuma nama aja, mudah-mudahan tidak ada kepentingan dibalik pembangunan itu.aku kawatir terjadi ilegal logging disana dan penggalian bahan tambang tanpa seizin pemerintah

  2. horas….
    semoga sukses pembangunan PLTA VICTORIA.
    Harapan sebagai putra daerah.
    sarana trasportasi via habinsaran-nan sau juga harus diperhatikan.

  3. Jangan negatif think. lah lae! justru yg.perlu kita pikirkan apa dampak dari PLTA tsb buat parhutahuta ,apa bisa listrik jadi murah di habinsaran? atau jika listriknya sdh dibangkitkan apa sdh ada pembelinya?.perekonomian habinsaran tambah maju ‘gak? sangat sayang sekali jika listriknya tdk dimanfaatkan secara maksimal dihabinsaran kita sana. saran buat putra habinsaran yg.sdh mampu …JADILAH INVESTOR….LOKAL DI BONA PASOGIT SANA,SEBAB INFRASTRUTURNYA SDH MENDUKUNG.DARIPADA ORG ASING JADI INVESTNYA ,
    …..SELAMAT BUAT PLTA VICTORIA.HABINSARAN TERANG BENDERANG.

  4. horas…….
    bang Janter, mungkin ada benarnya yang abang bilang.harapankupun seperti itu.
    Sebaiknya kita juga sebagai putra daerah perlu mengawasi pembangunanya.

    ” BUKA MATA KE BONAPASOGIT”

    Saotik perkenalhon diri bang:
    molo au marga pardosi do.
    huta di RT 4 parsoburan,
    tinggal di medan sonari,
    Nama: Robesman Pardosi

  5. Sude angka sangkap nauli lao pamajuhon sada-sada daerah ingkon do dukungon. Semua do pembangungan menimbulkan efek negatif dohot positif alai dia ma na lebih gumodang efekna. Misalna molo so adong do kesempatan tu anak daerah gabe karyawan disi, tontu gabe pengangguran do godang. Molo jadi PLTA i tontu akses dalan pe pasti do lam jago. Ido kan?

  6. horas…….!
    saotik mabaen komentar tu masalah pembangunan PLTA Victoria, sai anggiatma nian PLTA i sukses dalam pelaksanaan sampe boi berfungsi sesuai nadiharaphon ni warga setempat pada khususna par nansau par habinsaran pada umumna, nahusaranthon songon nanidok ni Lae si LIBER sude pembangunan i adongdo sisi positip dohot negatifna jadi sudei asa anggiat nian napositip ma naunggudang dapotta tujoloan niari asa diparrohahon angka pameretta setempat (camat lurah, anggota DPRD) dohot angka raja huta manian pembangunan i molo adong songon na hurang denggan asa pittor di tegor, jadi boi ma hita menikmati pembangunan sebagaimana mestina, mauliate.

  7. Horas Tano Batak….
    Di hamu akka donganku halak batak, adong naeng sidohonokku jala saran tu hita saluhutna bangso nadi goaran ni bangso batak.
    “Songonon bolo pe adong akka rencana pembangunan nasian pemerintah/swasta, hita selaku masyarakat (penduduk) na adong diluat i harus siap membantu dan mendukung segala apa fasilitas yang akan didirikan, nah saonari ta buat ma contoh tu pembangunan PLTA Victoria, songon non bolo nadi goaran PLTA, ima na marlapatan Tenaga Air yang di pergunakan untuk memutar beberapa Turbin sehingga terciptanya listrik sehingga daerah yg tidak dapat di jangkau oleh penerangan (listrik) bisa dijangkau oleh penerangan, Nah sekarang timbul pertanyaan apa yg dapat dilaksanakan masyarakat setempat dan apa yg diperbuat agar PLTA yg di bangun adalah nyata dan benar RAMAH LINGKUNGAN.
    Sebagai Pegangan adalah
    1. Untuk penduduk adalah Harus terlibat langsung dalam memonitor dan mengevaluasi dampak pembangunan kepada pengrusakan Hutan atau cara menangani Lingkungan agar sesuai kelestarian alam.
    2. Membuat MOU dengan pengembang (INVESTOR) untuk meningkat Taraf kehidupan pada daerah PLTA Victoria.
    3. Untuk Pelepasan Tanah (Land Acquisition) bermusyawarah dengan si Investor agar pengembang dapat meringankan beban akibat lahannya yg sudah ikut dalam lokasi pembangunan dalam hal ini harus terbuka dan jangan ada yg di sembunyikan, agar tidak tercipta saling curiga.
    Puji Tuhan jika Hal ini dapat terlaksana, maka pembangunan akan berjalan dengan baik…
    “BRAVO BANGSO BATAK”

  8. Horas….

    Sebagai putra Habinsaran tentunya kita sangat senang dan mendukung seluruh aktivitas pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan investor, termasuk pembangunan PLTMH Victoria (Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro) dengan kapasitas 2 MW (kalau tidak salah), karena pembangunan tujuannya pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mengurangi dampak negatifnya, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengembang yang dimuat dalam Dokumen Analisa Dampak Lingkungan, dan Dokumen pemberian ijin usaha. Demikian juga halnya dengan pembangunan PLTMH Victoria yang dilaksanakan oleh Developer (PT Impola), kami yakin telah mendapat ijin dari PEMDA Tobasa, dan PT Impola telah menandatangani kontrak jual beli listrik dengan PT PLN (Persero) sebagai pembeli listrik yang akan mendistribusikan ke konsumen. Kalau tidak salah, listrik yang dihasilkan dari PLTMH Victoria langsung disambung (interconeksi) ke Jaringan Tegangan Menengah PT PLN Persero.

    Tentunya untuk mendukung keberlanjutan PLTMH tersebut, masyarakat Habinsaran harus menjaga dan memelihara Daerah Aliran Sungai (DAS) Aek Hualu sebagai sumber air Sampuran Sipintoa yang menggerakkan Turbin PLTMH. Artinya aktivitas masyarakat yang menebangi pohon dan membakar hutan di DAS harus dihentikan, bahkan bila perlu dengan melakukan reboisasi untuk lahan-lahan kritis sekitar DAS Aek Hualu.

    Dengan kehadiran PLTMH Victoria, masyarakat Nansau juga dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan royalti dari setiap debit air yang membangkitkan listrik (atau dari setiap kWh) listrik yang dihasilkan. Atau setidak-tidaknya mendapatkan CSR (Corparete Social Re4sponsibility). Inilah yang perlu diperjuangkan oleh masyarakat Nansau.

  9. Horas, minta tolong lae hubungi hamu ahu di facebook Mardaup Hasautan Simanjuntak, adong napenting mauliate.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: