27 Desember, Perayaan Natal Bersama Umat Kristen Sum. Utara 2008 Diselenggarakan di Siborongborong


Berita diambil dari Situs “SIB”

Posted in Berita Utama by Redaksi on Oktober 22nd, 2008

Medan (SIB)
Pimpinan-pimpinan Gereja-Gereja di Medan yang tergabung dalam Forum Komunikasi dan Konsultasi Gereja-Gereja Sumatera Utara (FKKGSU) telah sepakat dengan DR GM Panggabean untuk menyelenggarakan Perayaan Natal Bersama Umat Kristen Sumatera Utara tahun 2008, di Siborongborong Tapanuli Utara pada tanggal 27 Desember 2008 (Sabtu). Pada tahun lalu diselenggarakan di Stadion Teladan Medan dihadiri sekitar seratus ribu umat Kristen.
Kesepakatan itu dibuat dalam suatu pertemuan di Kantor Harian SIB yang dihadiri pimpinan-pimpinan Gereja, tokoh-tokoh masyarakat dan Pak GM sendiri didampingi Ir GM Chandra Panggabean.
Pemilihan Kota Siborongborong sebagai tempat penyelenggaraan Natal Umat Kristen 2008 ini, mengacu kepada kesepakatan Panitia Natal 2007 yang lalu, yaitu setiap tahun penyelenggaraannya dilakukan berpindah-pindah tempat di Sumatera Utara, bahkan kalau Tuhan mengizinkan satu waktu pun boleh diselenggarakan di P Siantar atau di Nias atau Nias Selatan.
Siborongborong dianggap ideal, sebagai sentral dari beberapa kabupaten/kota di Tapanuli, mempunyai bandar udara, beberapa hotel dan dari Medan pun tidak terlalu jauh kalau melalui jalan pintas Medan-Sidikalang-Tele-Doloksanggul-Siborongborong. Dan Siborongborong telah ditetapkan sebagai calon ibukota Propinsi Tapanuli.
Panitia Diketuai Ir GM Chandra Panggabean
Pada pertemuan kemaren, Ketua Umum FKKGSU yang juga Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Wilayah Sumut Pdt WTP Simarmata MA menerangkan kepada Pak GM, bahwa hari Senin (20/8-08), telah dibentuk Panitia Perayaan Natal Bersama Umat Kristen Sumatera Utara tahun 2008.
Sebagai Ketua Umum Panitia dipercayakan kembali kepada Ir GM Chandra Panggabean yang dinilai telah sukses luar biasa menyelenggarakan perayaan Natal Umat Kristen Sumatera Utara di Stadion Teladan Medan, waktu itu dihadiri sekitar seratus ribu umat Kristen.
“FKKGSU menilai perayaan Natal Bersama Umat Kristen Sumatera Utara yang pertama tahun lalu sangat sukses, makanya kita rapat tadi malam dan sepakat mengundang kesediaan Pak Chandra Panggabean untuk kembali menjadi Ketua Panitia Natal tahun 2008 ini. Kita berharap Natal tahun ini pun bisa sukses dan menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan,” kata WTP kepada Pak GM.
Kepada Ir GM Chandra Panggabean dan Pdt DR Elim Simamora sebagai Sekum, dipercayakan sepenuhnya menyusun pengurus panitia.
“Sebelum kami melangkah lebih jauh, maka kami hari ini datang menemui Pak GM meminta saran-saran,” kata Pdt WTP Simarmata.
Tema Natal
Menurut Pendeta WTP Simarmata, secara nasional PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) dan KWI (Konferensi Wali Gereja Indonesia) serta gereja aras nasional telah menyepakati tema Natal yang diambil dari Roma 12;18, Hiduplah Dalam Perdamaian dengan Semua Orang.
“Menurut hemat kami tema ini sangat pas karena saat ini kita membutuhkan suasana kerukunan dan kedamaian di mana konteks bangsa kita mengalami dua situasi yakni kemiskinan dan kemajemukan. Jadi kemiskinan bisa membuat tidak damai dan kemajemukan bisa membuat tidak damai. Kemajemukan kalau tidak dirawat dengan baik bisa membuat tidak damai.
PGI dan pimpinan gereja-gereja Aras Nasional Protestan dan KWI telah mengirimkan tema itu kepada Dirjen Bimas Kristen Protestan agar mengumumkan tema itu kepada seluruh umat Kristen di Indonesia untuk dijadikan tema Natal tahun 2008.
Sambut Baik
DR GM Panggabean sebagai pemrakarsa penyelenggaraan Natal Bersama Umat Kristen Sumatera Utara yang didukung oleh Gereja dan tokoh-tokoh adat/budaya pada tahun 2007 yang lalu, menyatakan menyambut baik penyelenggaraan Natal Umat Kristen Sumut di Siborongborong tahun 2008 ini.
Untuk itu dia berterimakasih kepada FKKGSU, semoga pada tahun-tahun seterusnya pun perayaan Natal seperti itu akan dapat diselenggarakan berkelanjutan setiap tahun.
Ia pun mendukung tempat perayaan Natal 2008 ini diselenggarakan di Siborongborong, sebagai suatu upaya untuk memajukan Tapanuli dan secara khusus untuk memajukan wisata rohani di daerah tersebut.
Kepada Panitia disarankannya, walaupun kita mengandalkan pertolongan Tuhan, namun Tuhan pun memberi kecerdasan kepada kita, untuk dapat membuat kajian-kajian agar dapat membuat persiapan-persiapan yang sebaik-baiknya demi suksesnya perayaan itu, untuk kemuliaan nama Tuhan dan sukacita bagi umat Kristen di Sumatera Utara.
Pak GM juga kagum atas pemilihan tema Natal tahun ini, yaitu : Hiduplah dalam Perdamaian Dengan Semua Orang. Maknanya sangat dalam.
Pada kesempatan itu Pak GM mengungkapkan, bahwa menurut rencana dia dan keluarga seyogianya akan liburan Natal dan Tahun Baru di Australia, di mana sekarang seorang cucunya melanjut studi di salah satu universitas, namun karena adanya rencana perayaan Natal ini yang waktunya bersamaan, mungkin kami ke sana bulan November saja, katanya.
Pak GM yakin, sebagaimana pada perayaan Natal 2007, semua Bupati/Walikota di Sumatera Utara pro aktif berpartisipasi mengerahkan dan membiayai massa dari daerah masing-masing ke Stadion Teladan Medan, pada perayaan Natal 2008 ini pun, mudah-mudahan para Bupati/Walikota se-Sumut masih akan berkenan melakukan kebijakan yang sama.
Disarankannya supaya Panitia seperti tahun lalu, dapat bergerak cepat mengadakan pendekatan-pendekatan kepada semua pihak, terutama kepada para Bupati/Walikota yang ada di Tapanuli. Demikian juga supaya panitia melaporkan rencana besar ini kepada Pak Gubernur H Syamsul Arifin SE dan kepada Muspida lainnya.
Pak GM yakin, perayaan Natal Bersama Umat Kristen Sumatera Utara tahun 2008 ini akan bisa terlaksana dengan sukses.
Ir GM Chandra Panggabean menginformasikan, Kamis besok, Panitia akan segera berangkat ke Tapanuli untuk bertemu dengan Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, juga dengan bupati-bupati lainnya.
Pamit Pindah Tugas ke Jogya
Pada kesempatan itu, Praeses HKBP Distrik XXIII Langkat Pdt Monang Silaban STh, mohon pamit kepada Pak GM karena akan bertugas di Yogyakarta. “Saya tidak bisa melanjutkan perjuangan HKBP Binjai Baru karena dimutasi ke Yogyakarta. Tapi, bukan berarti perjuangan itu akan terhenti. Semoga Praeses yang baru dapat melanjutkannya,” tuturnya.
Pdt Silaban juga menyampaikan terimakasih kepada Pak GM yang dipanggilnya akrab Oppung, yang telah memberikan dukungan baik moril maupun pemberitaan dalam perjuangan mempertahankan gereja HKBP Binjai Baru yang sempat mau dibongkar kelompok tertentu. Waktu umat Kristen mau demo mempertahankan Gereja tersebut, “Oppung bilang akan mendukung jika aksi yang dilakukan aksi damai. Karena itu aksi damai dengan 4000-an massa benar-benar berlangsung damai,” ucapnya seraya menambahkan, di tempat tugasnya yang baru, ia akan mengenang perjuangan Pak GM untuk HKBP Binjai Baru.
DOA
Pertemuan itu ditutup dalam doa dipimpin Pdt Lukas Timotheus STh MA. Dalam doanya, ia bersyukur kita boleh hidup kita boleh ada, itu semua karena kasih karunia Tuhan. Ia juga bersyukur FKKGSU dan rombongan bisa bertemu dengan Bapak GM Panggabean, dan itu semua karena pertolongan Tuhan. Karena kerendahan hati Pak GM maka di tengah kesibukannya beliau menerima FKKGSU dan rombongan.
Secara khusus, Pdt Lukas juga mendoakan panitia yang akan dibentuk oleh Chandra Panggabean, dan Pdt Elim. Ia mendoakan kalau tahun lalu panitia telah merasakan pertolongan Tuhan membuat perayaan Natal sukses sebagai mujizat Tuhan, biarlah dalam kepanitiaan tahun ini, sekali lagi panitia tidak mengandalkan kekuatannya sendiri. Tapi, secara khusus kami datang di kaki Tuhan. Kami tahu, pada zaman nabi-nabi dan hamba-hamba Tuhan dan pada waktu Daud sebagai raja, apa pun yang dia alami Daud tidak mengandalkan kekuatan manusianya. Demikianlah kami sebagai umat Tuhan, sebagai panitia yang sedang akan dibentuk, kami mohon kuasa Allah, pewahyuan, kuasa Roh Kudus selalu menguasai hati dan pikiran kami.
Pdt Lukas pun mendoakan tempat perayaan Natal di Kota Siborong-borong. Ia bermohon mulai hari ini Tuhan mengkuduskan tempat itu dan kami percaya kalau tempat itu telah kami doakan akan banyak jiwa-jiwa bahkan umat Kristiani dari berbagai tempat akan datang untuk secara bersama-sama merayakan hari kelahiran Yesus Kristus.
Ia juga berdoa untuk SIB yang akan mempublikasikan perayaan Natal ini sampai ke daerah-daerah. Kiranya Tuhan memberkati SIB sehingga apapun yang dilakukan untuk kemuliaan Tuhan. Pdt Lukas juga berdoa untuk kesehatan Pak GM Panggabean, dan ibu dan keluarga.
Rombongan Ketua Umum FKKGSU Pdt WTP Simarmata, MA saat menemui sesepuh masyarakat Kristen Sumut DR GM Panggabean di Kantor Harian SIB Jalan Brigjen Katamso Medan, Selasa (21/10), terdiri dari perwakilan unsur pimpinan gereja lintas denominasi yang tergabung dalam FKKGSU antara lain Ketua Umum Pdt WTP Simarmata MA, Sekum Pdt Dr Elim Simamora, Pdt Lukas Timotheus STh, MA, Pdt DL Simatupang, Pastor Joddy Turnip dan Hubertus Lumban dari unsur Khatolik, Pdt Paul F Wakkary dari PGPI Sumut, Bishop GPP Pdt DR JH Manurung dan Pdt M Silaban STh, Praeses HKBP Distrik Langkat.
Selain tokoh gereja, pertemuan itu juga dihadiri anggota DPRD Sumut Ir GM Chandra Panggabean yang mendampingi Pak GM, Drs Panyabar Nakhe asal Nias Selatan, anggota DPRD Sumut Rinawati Sianturi, Dr Binsar Situmorang MSi, Nurdin P Manurung, Ir Hasudungan Butar-Butar MSi dan Jumongkas Hutagaol. (M17/M28/R1/f)

3 Tanggapan

  1. atas dasar dan tujuan apa maka ditetapkan di siborong-borong menjadi tempat pelaksanaan natal tahun ini? atas kepentingan bersama atau kepentingan pribadi?

  2. Anda membutuhkan pengisi acara (artist dan penyanyi) dalam rangka perayaan Natal Instansi Swasta/Pemerintah, Persekutuan Doa ataupun Gereja? Kami siap membantu anda. Hub 0818 876 777. GBU

  3. kunjungi website kami dan dapatkan banyak penawaran menarik untuk produk-produk natal dan pengisi acara

    http://www.harvest.co.id
    021-70600635

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: