Marga Pardosi


Tulisan ini saya angkat dari sebuah komentar yang masuk dalam Blog ini , semoga ini bermanfaat bagi saudara-saudaraku yang bermarga Pardosi, dan bisa menjadi bahan yang membawa kebaikan bagi semua marga Pardosi yang berasal dari Parsoburan , semoga Tugu Persaudaraannya yang berlokasi di Parsoburan bisa segera diresmikan, Horas selamat membaca.

Marga Pardosi berasal dari marga Siagian. Dan siagian mempunyai saudara Panjaitan,Silitonga,dan Sianipar.

Siagian ada dua, yaitu: Siagian padean duri dan Papaga Lote.
Pardosi merupakan keturunan Siagian Papaga Lote.

Alkisah di sebuah daerah ( kemungkinan besar di Porsea )
tinggal dua org kakak beradik.
Karena ada yang mau diperbaiki sementara alat berupa pahat tidak ada, maka sang adik ( Op. Dongan ) meminjam pahat kepada kakaknya.

Akan tetapi tanpa diketahui dengan jelas apa penyebabnya pahat tadi hilang. Kakak dari Op. Dongan tadi menuntut agar pahatnya dikembalikan.
Karena dicari kemana-mana tak ketemu juga, maka sang adik berniat untuk menggantinya. Akan tetapi Sang kakak tidak mau menerimanya. Walau sudah dibujuk berkali2, tetap saja sang kakak meminta pahat yang asli harus kembali dan takmau diganti.

Entah karena kebetulan / mukjijat, pahat tersebut akhirnya ditemukan. Dan yang anehnya yang menemukan pahat tadi adl anjing dari Op. Dongan.

Saking dongkolnya dengan sikap kakaknya, setelah mengembalikan pahat tsbt maka maka Op. Dongan tidak mau tinggal bersama kakaknya lagi.

Kemudian dia berikrar bahwa setiap keturunannya akan menjadi marga Pardosi. Dan setiap keturunannya tidak boleh memakan anjing yang warna kulitnya berwarna belang ( Si bolang ).

Selama dia tinggal di Porsea dia mempunyai seorang anak, dan sang anak tetap tinggal di Porsea. Dialah yang merupakan nenek moyang marga Pardosi yang ada di Porsea.

Kemudian dia pergi kearah Habinsaran ( Arah terbit matahari ). Dan menetap disana. Pada suatu hari Op. Dongan pergi memancing keSibintatar ( jln menuju Lumban Balik ).
Disana ia bertemu wanita hamil yang hendak bunuh diri.
Karena merasa kasihan, beliau memungut wanita tsb sampai bersalin. Perlu diketahui bahwa Op. Dongan tdk menikahi wanita tsbt. Setelah melahirkan, tanpa sepengetahuan Op.Dongan, wanita tsbt pergi secara diam2 ,dengan meninggalkan anaknya.
Akhirnya anak yang lahir tadi dipungut oleh Op. Dongan dan diberi gelar Op. Tamba ( alias Pamahar ) .Op. Dongan menetap di Parsoburan

Selang beberapa waktu, Op. Dongan menikahi seorang wanita boru Naiborhu, yang kemudian memberikannya keturunan.

Anaknya yang Sulung Yang bergelar Op. Ledung tinggal di Parsoburan.

Anaknya yang kedua pergi ke Leantondung ( kampung tetangga Parsoburan )

Yang ketiga pergi merantau ke Garoga

Sedang yang bungsu ( Raja Pamahar ) pergi ke Pakkat. Dalam sebuah sejarah dikatakan bahwa Raja Pamahar ini kemudian diangkat jadi Panglima oleh Sisinga Mangaraja V

Sampai sekarang tugu marga Pardosi belum disahkan ( dipestakan ), karena perselisihan/ perebutan hak anak sulung.

Keturunan dari Op. Tamba mengklaim bahwaOp. Tamba adl anak Sulung. Hal ini mereka katakan karena Op. Tamba duluan lahir dari Op. Ledung.

Sedangkan menurut keturunan Op. Ledung, Op. Ledung adalah anak sulung. Hal itu mereka katakan karena menurut mereka bahwa Op. Tamba adl bukan keturunan langsung dari Op. Dongan, melainkan anak pungut. Jadi menurut mereka Op. Tamba tdk berhak atas hak anak sulung.

Nah bagi rekan2 kaum muda sebaiknya kita mampu menjadi penengah dalam peselisihan ini, sehingga tugu marga Pardosi dapat berdiri dan disahkan.
Sehingga marga Pardosi dapat dirajakan. Dgn demikian cita2 Nenek moyang kita ( Op. Dongan ) dapat terwujud.

76 Tanggapan

  1. Dari ceerita di atas, Marga Pardosi lahir dari kebencian dan sakit hati yang turun-temurun. Sementara warganya kebanyakan beragama Kristen. Siapakah yang harus diikuti, wasiat yang didasari kebencian atau kasih yang dari Tuhan yang Maha Kasih.
    Saran saya sebagai sesama keturunan Sibagot Ni Pohan, sebaiknya marga Pardosi di hapus saja dan kembali ke Marga Siagian. Kalau menggunakan kasih dari Op. Dongan yang menjadikan anak hilang menjadi anaknya apa salahnya Op. Tamba menjadi yang paling sulung. Atau sebaliknya apabila Op. Tamba mengaku bahwa dia anak pungut apa juga salahnya mereka mengaku menjadi anak paling bungsu. Saya kira jika semua dilakukan dengan rendah hati bukan karena kesombongan niscaya semua bisa diselesaikan dan mendapat berkat dari Surga, dan apabila tidak Tuhan juga tetap akan memberikan ganjajaranNya sendiri.
    Maka jadilah tidak menjadi sombong!!!.

    • Semoga tidak ada kebencian dalam hati kita

    • kenapa gak Siagian aja yang di hapus diganti dengan Pohan………………..

      • Hush…kok jadi asal komentar-nya?
        Siagian diganti dengan Pohan?
        Anak Tuan Dibangarna tetap 4, yaitu: Panjaitan, Silitonga, Siagian, dan Sianipar.

    • Haloo bro
      di hamu sude na mar komentar mengenai marga pardosi berkomentar lah lah secara sehat, khusus nya yg marga pardosi jgan mau terpancing dengan komentar YG Kurang berbobot..
      Tandian do halosi
      tombak longa longa
      siagian do pardosi
      hahana silitonga

    • Saudara “saingam” apakah anda tidak malu, anda membawa2 kasih Tuhan yang Maha Esa, tapi anda menyarankan marga kami di hapus,,, marga pardosi adalah sebuah marga yang besar dan keturunanya juga besar,,, jangan seenak mulut anda mengatakan marga pardosi di hapus saja.. jika anda tidak mengerti sebuah permasalahan sebaiknya anda diam saja, jangan menciptakan opini yang buruk yg justru semakin mamperkeruh suasana,,, saran saya harusnya orang seperti andalah yg harusnya di hapuskan dari dunia ini..

  2. Tetap berjaya PARDOSI… Cerita diatas adalah sejarah walaupun pardosi berasal dari awal sakit hati. Tapi itu dulu, karena kita orang kristen sudah tentu bisa memaafkan tapi tidak harus merubahnya menjadi siagian. Biarlah sejarah tetap sejarah dan kita yang sekarang saling mengasihi sesama manusia….

    • Kata oppungku tugu pardosi sebenarnya ada di rt opat dan sedang tahap finishing. jadi kami op ledung udah siap2 mo peresmiannya karena kamilah siakkangan. Op ledung siakkangan dan pamahar hnya anak pungut. tlg jgn bnyak bacot klian semua. paham.
      saya middle pardosi tinggal di singapura.

  3. Tulisan yang menarik sekali… walaupun saya tidak ada silsilah dengan Pardosi… saya setuju dengan saran Lae Salngam…. seharusnya ada toleransi dan pikiran yang bersifat Persaudaraan, jadi harus ada yang mengalah untuk menang…. agar kiat semua bisa hidup tenang dan penuh Perdamaian….

  4. Maaf saya memberi sedikit komentar..
    Tak seharusnya kita bgtu gampang menyatakan agar Pardosi dihapuskan.. Justru kita sharusnya membawa marga kita ini ke arah perdamaian..
    Kalau tanggapan spt tggapan salgam di atas, lbh baek tak dpikirkan lebih dulu drpd lbh banyak lg yg sakit hati..
    Kita adalah pardosi dan kita brjuang untuk keutuhan pardosi..
    Semangat untuk stiap anak/boru pardosi..
    TYM..

    • setuju saya pra..seenaknya aja maen hapus marga..
      Pardosi tidak pernah sakit hati pada siapapun..klo pun ada yg bermasalah itu hanya personal..jangan di kaitkan kepada semua pardosi…n perlu diingat Pardosi siap membuka hubungan baik dengan siapapun…

    • betul itu lae,ngapain urus marga orang. tarombo nya aja ngak tau…

  5. Maaf saya memberi sedikit komentar..
    Tak seharusnya kita bgtu gampang menyatakan agar Pardosi dihapuskan.. Justru kita sharusnya membawa marga kita ini ke arah perdamaian..
    Kalau tanggapan spt tggapan salgam di atas, lbh baek dpikirkan lebih dulu drpd lbh banyak lg yg sakit hati..
    Kita adalah pardosi dan kita brjuang untuk keutuhan pardosi..
    Semangat untuk stiap anak/boru pardosi..
    TYM..

  6. Sebenarnya kata pardosi berasal dari parbosi.
    Menurut sahibul hikayat, secara singkat : ada dua bersaudara dari keluarga siagian bertengkar, salah satu pergi ke arah Parsoburan.
    Ketika dia saat berjalan, besi yang dibawanya selalu berbunyi. Orang bertanya siapa yang lewat. Ai PARBOSI i do i. Ya, seiring waktu, terjadilah proses perubahan kata dari Parbosi menjadi Pardosi. Sukar dijelaskan mengapa demikian.
    Ada lagi cerita tentang Pardosi ini bahwa selama perjalananya menuju Parsoburan, ia ditemani anjing berwarna putih. Itulah sebabnya marga Pardosi ini tidak boleh membunuh anjing berwarna putih.

    Dapat ditambahkan, bahwa hingga saat ini, sebenarnya tidak pernah ada semacam “perang saudara” antara Siagian dan Pardosi seperti yang ada pada marga lain. Pardosi adalah bahagian dari Siagian, jelas darimana kampung asalnya: yaitu kecamatan Sigumpar sekarang. Kalo nggak salah dari sekitar Banualuhu. Tidak ada alasan untuk menghapus marga Pardosi ini. Marga ini merupakan bahagian sejarah perjalanan hidup suku Batak dalam migrasi-nya ke daerah lain.

    • Pardosi itu awalnya adalah penyebutan kepada seseorang yang bernama Raja Si Alang Sabatangan anak Tuan sorba Ni Banua…..dan gelar nya dikatakan orang Datu Na Ipar Dosi……lama-lama jadi PARDOSI….keturunannya menjadi Marga Pardosi (setyanst@gmail.com

    • horas abang…

  7. Cerita yang sangat Menarik….

  8. Ikutan Commet ya!!!
    Cerita diatas sama sekali tdk menarik. krn cerita yang mempengaruhi generasi sekarang ikutan keliru. Hanya karena tutur Abang ato adik Tugu gak jadi pesta. Sebaiknya kalo mau ngikutin cerita diatas sebaiknya “ngalahlah yang memang mestinya ngalah” , dan bila perlu ngalah semua, gak ada gunanya… apalagi msh sesama Pardosi, gimana lg dengan kami yang sesama keturunan Tuan Dibangarna, Panjaitan, Silitonga, Siagian, Sianipar. bisa-bisa gak dianggap appara lg. Jadi untuk apparaku pardosi terutama yg masih muda jgn terbawa emosi oleh cerita yg konyol itu. Tuh Terjadi ribuan tahun yg lampau, masa mau kita bawa-bawa sampai diabab yang sudah sangat maju ini. oke… Peace….

    • saya setuju memang kejadian yang sudah lama terjadi ga perlu utk diulas terus menerus,saya kecewa knp tugu pardosi ga jadi2,itu pas didepan rumah saya……parsoburan!!!! bwt angk muda pardosi hilangkan dikriminasi bgmn carana kta jaya itu yang penting!!!!

    • masa sih ribuan tahun yang lalu………..baca sejarah tarombo dong….memangnya Sianipar sudah berapa generasi………?

      • Rasanya memang kurang pas. Sianipar sudah sampai 18 generasi.
        Kalau rata² selisih satu generasi 30 tahun, baru 540 tahun.
        Kami dari Sianipar-Purbaraja-Amparnagan-16. Mauliate.

  9. Pro sahat: Setelah saya baca beberapa versi cerita yang anda sekalian buat. Dapat saya katakan, bahwa ada beberapa cerita diatas terlihat seperti karangan di lapo tuak. Dan, itu seharusnya tidak dipublikasin disini, karena akan membuat persepsi yang semakin tidak jelas tentang marga pordosi. mauuuliate…….

  10. Horas,
    terus terang saya sebagai marga pardosi sebelumnya tidak mengetahui ttg sejarah marga pardosi,tp setelah Bapak saya yg kebetuLan sudah fasih dan sangat mengerti adat batak (menurut saya), saya jd tertarik untuk mencari tau Lebih banyak lg ttg pardosi, dan tidak hanya untuk saya saja tetapi kebetulan hal ini menjadi pembicaran hangat di Lapo Tuak yg dimiliki Bapak saya, jd sambiL minum tuak tambuLnya saksang b2 dan ngobroL2 ttg adat istiadat batak.
    Dan saya yg masi terbilang muda jd ingin menambah wawasan saya ttg batak.
    saya bangga menjadi orang BATAK.

  11. Pardosi tetap pardosi, sejarah tetap sejarah, pesan Bung Karno jangan pernah lupa dengan sejarah, karena sejarah adalah awal dari segalanya sampai saat ini, itu tidak perlu diributkan karena pardosi sudah menjadi suatu marga tersendiri yang berasal dari Siagian Raja, jadi jangan diributkan karena diributkan bisa-bisa marga pada orang batak jadi tidak ada lagi, jadi berpanutan kepada asal nenek moyangnya, siagian, panjaitan, sianipan, silitonga jadi ga ada yang ada jadi Tuandibangarna, sehingga hal itu tidak perlu di persoalkan saat sekarang ini Mauliate.

  12. Memang kita tidak boleh meninggalkan sejarah. Tapi, ada beberapa cerita fiktif dalam sejarah tersebut yang harus kita buang, apalagi sifanya provokasi.

    Ayo Kita Satukan Pardosi….!!!

  13. Pardosi adalah marga yang besar. Pardosi tetap satu, walaupun mempunyai 2 keturunan dari op ledung dan pamahar. Prinsip “satu” marga itu yang harus perlu kita tanamkan dalam hati kita.

    • Mohon tanya ke appara saya Pardosi….Raja Mardongan itu turunan dari Pande Anduri oppung apa ya.?

  14. saya setuju memang kejadian yang sudah lama terjadi ga perlu utk diulas terus menerus,saya kecewa knp tugu pardosi ga jadi2,itu pas didepan rumah saya……parsoburan!!!! bwt angk muda pardosi hilangkan dikriminasi bgmn carana kta jaya itu yang penting!!!!

  15. mauliate godang la ya…sudah tau sedikit lah aku sian dia Pardosi itu rupanya..

    Salam Ya..

    Horas

  16. Horas…

    Pardosi akan semakin besar bila keturunannya banyak yang sukses..MARBADA TAK PERLU. PRESTASI YES…….

  17. ya ini saya juga pardosi dari pakkat oppung saya raja / kepala adat op.nurut pardosi asalnya dulu memang dari parsoburan

  18. Adalah kurang bijaksana jika kita stagnan pada masalah seperti itu yang pada akhirnya merugikan kita Marga pardosi juga. Seharusnya para tua-tua Pardosi bisa mncari solusi paling arif untuk kepentingan generasi Pardosi mendatang. Apa kata dunia nantinya???????

  19. Horas ma di hamu, bapatua/bapauda/abang/ito & dongan tubu sasudena… Ahu marga pardosi sian lumbanpardosi ( porsea )…. ai tutu do angur ni goar ta pardosion… gabe unang ma adong perselisihan di antara hita sasudena. sai Horas ma sude Marga pardosion jala maranak nang marboru ma… HORAS

  20. MauLiate Godang Y Buat Pengarang nyaa….
    Alnya Aku Da tw Sedikit
    Tentang marga Pardosi.

    Horas…. !!!! Salam Sejahtra Buat kita Semua…….

  21. horas ma to hita sude….
    ak setuju dr kt pak etap berjaya PARDOSI… Cerita diatas adalah sejarah walaupun pardosi berasal dari awal sakit hati. Tapi itu dulu, karena kita orang kristen sudah tentu bisa memaafkan tapi tidak harus merubahnya menjadi siagian. Biarlah sejarah tetap sejarah dan kita yang sekarang saling mengasihi sesama manusia….

  22. horas ma to hita sude….
    sebenarnya ak sih blm tau pasti cerita itu,tp ak tanya am bpk ak klu marga pardosi penolongnya anjing belang yg bercampur dgn putih.
    ak cm minta kepada marga pardosi& boru pardosijgn ada perselisihan antara siagian dengan pardosi…
    mauliate ma dihita sude….
    gbu

  23. wlaupun q mzh kls 2 smp mzh bza komentar kan soal ini krna q jga keturunannya,mnurut q sbaiknya kta jgn asal blang kyk bapak salngam dngan mnghapus marga pardosi,bgaimana juga marga pardosi memang sudah ada sejarahnya dan tak perlu dihapus.Dgn ksah pardosi brasal dri kbencian dan sakit hati belum tentu smua kturunannya membenci terhadap sesama.Sebagian pardosi yang rata-rata merupakan Kristen sudah diajarkan di agama agar tidaksaling membenci.Dan smoga msalah atas peresmian tugu pardosi Dpat diselesaikan dengan baik.Tpi,ada tambahan kdg2 q bngung sbab asal-usul pardosi dari Dafner Siagian dan ISN itu jga ktanya sjarah dri pardosi,sya mndengarnya dari keluarga.Jdi,sya bngung MANA YANG BENAR SIH????????????

  24. horas ma dihita saluhut popparan marga pardosi.alana nga huboto saotik sejarah marga pardosi.jala unang be adong parsalisian dihamu pardosi ateh.mauliate…

  25. Horas,,
    sy Rikson Siagian,pomparan ni Raja Situtu nomor 16 sian Pandeanduri..
    Setahu sy pomparan ni pardosi bukan dr Parpagalote,melainkan dr pahompunya Pandeanduri,yaitu Puraja Ega..dr situlah muncul pardosi..Hal ini sy ketahui langsung dr uda sy di plmbang yg bermarga pardosi..
    Mohon klarifikasinya agar tidak simpang siur..
    thx..

  26. Intinya saya banggga jadi marga pardosi…….kedamaian itu yesss……parbada.,,,,,,,,no…..semoga jayalah pardosi….

  27. Sedikit mengkoreksi. Raja Siagian ada 2…sulung Siagian Papaga Lote dan bungsu Pade Anduri. Marga Pardosi berasal dari Siagian Pade Anduri. Saya sendiri dari Papaga Lote. Setahu saya di marga Siagian…baik Ppaga Lote dan Pade Anduri tidak ada permasalahan, sehingga kalaupun ada sedikit masalah di marga anggidoli Pardosi….sebaiknya mengundang tokoh dari Siagian Pade Anduri untuk bisa meluruskan dan setiap orang harusnya dengan ikhlas menerima hasil lurusan masalah tersebut…. Horas.

  28. Se x pardosi ttp pardosi…

  29. Hilangkanlah semua Kebencian
    jadilah menjadi saudara yang hidup di dalm kedamaian tanpa ada yang membenci satu sama lainnya
    Casrilah kedamain agar semua terjalin pnuh kebahagiaan

  30. Marga aha do si “Salngam” pabaoa margam boh… songon komentar mi, komentar naso tarpakke.. didok ho “kerendahan hati” alai ho mandok “Pardosi di hapus” Unang hubege didok ho secara langsung tu pinggolhu ate.. sogo rohakku mamereng komentar mi.. ho muse komentar paling atas.. jolo pikkiri hatami kedan ate. Unang asal mang hapusi marga.. Justru molo di hapus i,, malah gabe terjadi perang saleleng ngolum.. Diboto ho do aha artini di “HAPUS????” unang asal komentar dah.. menurut pengalaman hu siganup ari, dang adong hea perselisihan antar Pardosi dohot Siagian. HORAS PARDOSI

  31. Horas tu hita sude
    bravo pardosi

  32. Pasmai…asal do didok si salgman on hatana…komentar naso berbobot do songoni

  33. horas,,di hita sude mlo boi,pinangido tu amang sipahutar, asa lebih bijaksana mengendalikan blog on,,mlo boi, asa sesegera mungkin di hapus akka coment na bersifat provokasi,,,,contoh na: pernyataan ni sl salngam i,di hapus inna pardosi,ise muse on si salngam on,, dang di boto i hata na, segera di hapus, supaya topik tidak beragam,,, mauliate

  34. Anak Op. Dongan yg ketiga namanya siapa ???

  35. PASMAI TAHE.. DANG ADONG UTOK UTOK NI SALGAM I.. NA SENGAJA MAMANCING PARBADAAN SI SALGAM ON.. DANG HEA PARDOSI MARBADA TU SIAGIAN MANANG PARDOSI SIAN OP. PAMAHAR DOHOT OP.LEDUNG..ALANI SILSILAH…
    ALAI ANGGO HEPENG SERING…WKWKWKWK
    SIKKOLAH HO SALGAM … MARMINGGU HO, MARTAMIANG HO.. DUNGI MATE MAHO.. DANG TARPAKKE HO..
    LONG LIFE PARDOSI..
    J.PARDOSI
    MATARAM

  36. Salam.buat saudara pardosi di seluruh dunia kita ini saudara meskipun kita tdk sedarah.aq bangga jadi orang batak n bermarga pardosi.kita harus bersatu n menyatu.aq bangga karna bapa ku ialah sintua greja hkbp pertama yg bermarga pardosi di jakarta ini.aq andreas pardosi asal dari tarutung-garoga.salam tuk semua marga pardosi

  37. Hei salngam jgn asal bcra kau.apa marga mu.tingal dmana kau.lantang banget suara kau supaya marga pardosi di hapuskan.di matikan dulu saya bru kau berpikir tuk menghapus marga pardosi.marga pardosi harus bersatu.ga ada kta bertengkar marga pardosi baik2.by andreas.p.pardosi.

  38. coba dulu baca sejarah marga pardosi lebih lengkap.

    http://www.bangsobatak.com/2010/10/cerita-lahirnya-marga-pardosi.html?m=1

    marga pardosi bukan berasal dari kebencian. pardosi sendiri berasal dari kata par dos i yg berarti orang yg adil atau meminta keadilan jdjangan sampai salah kita menafsirkan.
    jangan hanya bisa bilang main hapus. itu bukan solusi yg benar adalah bagaimana agar semua pihak bsa berkumpul bersama membicarakan penyelesaian masalah dengan baik. ingat orang tua mereka (op.dongan) saja mampu mengasihi anak anknya baik yg diangkat atau yg di lahirkan. utamakan kasih. karna itu adalah hukum yg utama dari kristus Tuhan. semoga marga pardosi bisa berjaya. saya sendiri bukan marga pardosi, tapi calon istriku marga pardosi itulah kenapa aq mempelajari sejarah marga ini. kami minta doanya saja agar kami bisa bahagia kelak. amin

  39. salam kenal buat seluaruh keluarga besar pardosi dan selamat tahun baru
    dari A. Yolanda Pardosi/ br. na70

  40. horasss,,,
    Marga Pardosi tetap maju dan jaya slalu…Masa lalu ya masa lalu semoga buat ke depannya Marga/Boru Pardosi tetap saling mendukung agar Marga Pardosi tetap hidup dan terpandang lebih bagus dari yang sebelumnya. Yang perlu harus kita ingat kembali bahwa bagaimana Opung kita memperjuangkan Marga Pardosi hingga sampai saat ini keturunannya sudah berserakan di seluruh penjuru jadi kita harus selalu bangga dengan marga kita.Hendaklah kita saling mengasihi terhadap sesama walaupun kita berbeda marga.dan selalu kita tumbuhkan kasih didalam hidup kita karena Kasihlah kita bisa saling menyayangi,n menghormati antar sesama.tkz…

    • Hai saudara2 ku marga Pardosi,kalau saya lihat saudara ku yg dari habisaran sana. untuk mau bersatu jangan selalu mau menang sendiri,jgn saling buka aif.
      Perjalanan hidup seseorang ada di tangan Tuhan. Mari rendahkan hati, mohon ampun, Bulat kan tekad, satukan Visi.

  41. Salam buat kita semua,terlepas dari segi cerita mitos di atas.Setahuku anak Raja Siagian Pandeanduri ada 4 yaitu Op.Raja Situtu,Op.Toga Sianjur,Op.Pantun,Op.Raja Ega. Jadi inilah anak Raja Siagian,kalaupun ada nama yg muncul dikemudian hari itu sama aja. Untuk itu kita pake aja satu marga yaitu siagian.Kalau boleh Pardisi pake Siagiannya,jadi Siagian Pardosi supaya jangan ada kesan memisahkan diri,coba kita lihat asal Oppung kita yg 4 itu.Jadi satulah kita Siagian didalam Raja Siagian. Songon hata nihalak mandok “kembali ke laptop” . Horas ma.

  42. Aku cuma mau bilang

    Hidup Siagian (Pardosi)

    Horas tuk semua apparaku

    GBU

  43. Buat penulis., mohon di cek setau saya pardosi dari siagian pandean duri bukan parpagalote..

  44. (Saya Papagalote) > Orang tua saya, 56 tahun yang lalu berpesan kepada saya anak an nya paling bungsu dari 10 bersaudara , beliau berpesan ” Marga Pardosi adalah saudara kita’ jangan sekali menyakiti hatinya.
    Itulah adalah darahmu….terima kasih-Tuhan memberkati. kasihNya mengikat kita utk saling menghargai sesama mahluk.

  45. MARDAME DAME HITA BOH…. TA PADAO AKKA BADA….TUHAMU AKKA APPARAKU PARDOSI….”MAJULAH PARDOSI………”HORAS…

  46. Pesta bona taon siagian Nabolon 2014 di Mulia Raja,masuk do sian pardosi gabe pangurus sai anggiat ma on mula ni hasadaon nadenggan jala lam tu majuna akka pinompar ni Raja Siagian.Horas Mauliate

  47. NGASADABE HITA AKA DONGANNASA MUDAR……
    SIANNAJOLO NGADENGGANI SUDE MARGAI. AI ANGGI ABANGDO SUDEI
    BASAIRO HITA SAI MANGARIBUTI……

  48. Enak kali kau ‘Salngam’ bilang2 Pardosi dihapus saja. Macam tak ada filosofi-nya kau pikir asal muasal marga. Semua marga tu punya filosofi berharga sendiri2. Mau dari perselisihan, persaudaraan, ikrar, kemandirian, keteguhan hati, dll. Tergantung kita menilai mana cerita yg sumbernya lebih meyakinkan. Mau kau kalau kami semua marga Batak sepakat untuk menghapus marga kau??? Nggak kan…
    Jadi jgn mengatasnamakan menjaga perdamaian aneh yg kau pikirkan, kau bisa punya ideologi kayak gitu…
    HORAS…!

  49. Sekarang ini kita jangan membahas persoalan yang lama. Kami marga pardosi tetap menjadi marga pardosi. Permasalahan sekarang ini adalah sudah banyak tuan di bangarna marsiambilan. Disitulah kita sedih melihatnya. Mulai dari detik ini, jangan lagi ada seperti itu. Mari kita beri nasihat kepada ito kita, maupun apara kita. Biar jangan terulang lagi. Mauliate

  50. saudara kita “saingam” ini sepertinya tidak mengerti apa yang di bicarakanya, marga pardosi adalah sebuah marga yang besar yang keturunanya sudah besar pula. saiapun di dunia ini tidak bisa menghapus marga pardosi, apapun alasanya marga pardosi tetaplah marga pardosi..

    saudara “saingam” jika anda bukan marga pardosi, sebaiknya anda meminta maaf, jika anda bermarga pardosi, sebaiknya anda segera keluar dari marga pardosi,,

  51. Pardosi adlh turunan raja pande anduri siagian , bukan papaga lote, kmudian pardosi adlh turunan raja mardongan siagian dari huta gurgur silaen.
    mgnai raja pamahar pardosi yg mrk sebut itu adalah cerita karangan yg di terbitkan oleh oloan pardosi (salah seorang ktrunan op ledung pardosi).
    Tgl 9 juli 2015 kami pomparan Raja Pamahar Pardosi tlh mresmikan tugu kami, yg dikukuhkan oleh pomparan Raja Siagian dari hutagurgur.
    Raja pamahar adalah anak ketiga dari 5 bersaudara turunan op dongan pardosi.
    Raja urang pardosi, hujur batu, Raja pamahar, op ledung dan manorsa. (Itulah urutan silsilah marga pardosu)

  52. Mgk bara pertikaian antara Raja Pamahar Pardosi dan op ledung tidak akan pernah padam. Tp kami dari pihak Raja Pamahar pardosi tidak pernah mengarang cerita spt saudara kami ini.
    Walaupun kami tahu sangat banyak cerita tentang mereka, tp kami tdk pernah mengungkit apalagi mempublikasikan.
    kami selalu mnganggap bahwa pardosi adalah satu.
    raja urang, hujurbatu, pamahar, oppu ledung, manorsa. Semuanya adalah pardosi. Horas

  53. Kurang ajar kali yg nyuruh hapus pardosi,jgn memprovokasi marga orang kau lae…

  54. Kurang ajar kali yg nyuruh hapus pardosi,jgn memprovokasi marga orang kau lae salngam…

  55. RAJA SIAGIAN (br. Sibarani)
    Anak : 1.Parpagalote, 2.Pandeanduri

    PANDEANDURI
    Anak : 1.Raja Situtu, 2.Toga Sianjur, 3.Ompu Pantun, 4.Ompu Raja Ega

    OMPU RAJA EGA (PARDOSI)

    Saya keturunan Raja Situtu, kita jgn saling menyalahkan ttp perlu pelurusan sejarah bahwa bapauda atw anggi Pardosi bukan keturunan Parpagalote. Klu Tarombo kami yg salah tolong dikonfirmasi.

  56. marga saya marga Pardosi

  57. Sejarah tidak dapat di hapus lae saingam, hati – hati berkomentar yg dapat memprovokasi kemarahan jutaan manusia, biarkan saja sejarah itu mengalir dari sisi positif maupun negatif, justru hal itu yang menjadikan beraneka budaya suku dan marga, sekalipun ada marga te ni manuk itupun tak dapat anda sarankan untuk di hapus seperti menghapus taik ayam, karena dari situ pula ada sejarah, budaya dan marga, segera ralat pernyataan anda dan minta maaf kepada pardosi sebagai wujud kasih yang anda sampaikan sebagai orang kristen, dan jangan bersembunyi di balik suara. Horas ma di hita sude.

  58. sian parbosi menjadi pardosi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: