Salib Kasih (Holong) di Parsoburan ?


Salib Holong

Salib Holong

Mungkin bagi para perantau yang telah lama meninggalkan Parsoburan – Habinsaran akan sedikit surprise apabila telah hampir tiba di Parsoburan , diatas sebuah bukit disana berdiri sebuah salib dengan ukuran besar.  Sejatinya hingga saat ini penulis belum tahu apa nama, dan dengan tujuan apa salib ini dibangun oleh yang konon katanya dibagun oleh salah seorang putra dari Parsoburan Habinsaran , dan menurut cerita yang yang didengar penulis , bahwa areal disekitar bagunan salib itu dikelilingi oleh kebun kopi milik si pendiri salib itu dan konon juga katanya namanya ” Salib Holong “.

Saat kami berkunjung ke Panatapan (sebuah tempat) dimana kita bisa manatap (melihat dari jauh) Tao Toba dengan jelas kita akan melihat keberadaan salib tersebut.  Sebagai putra dari Parsoburan terselip juga rasa bangga kepada siapun dia yang yang membangun itu , walaupun dengan tujuan apa dia membangunnya , karena dengan keberadaannya ada tambahan nuansa yang menyenangkan bagi kita yang mau bertamasya murah meriah sekedar melepaskan rasa penat yang ada dalam perjalanan hidup kita sehari-hari .Berikut ini saya tampilkan beberapa foto yang saya tangkap dengan camera poket pada saat saya mengikuti abang saya keluarga M. Sipahutar (Am.Nelly) berkunjung ke Panatapan pada tanggal 25 Januari 2009 yang lalu.

Note : Saat kami berkunjung kondisi alam sedang berkabut .

Salib di Parsoburan

Salib di Parsoburan

Kel.M Sipahutar

Kel.M Sipahutar

Iklan

19 Tanggapan

  1. saya tdk smpat kstu uda,saya plg tgl 12 Januari 2009……saya kangen mau kstu…..horas……

  2. Saya anaknya si Sir Jhon Tanjung. Asalnya Lobuhole

  3. marfhoto didia do hamu lae,ndang boi hubayangkkon lokasina,balas

  4. horas ma di hamu sude keluarga besar parsoburan.salam kenal au par borbor do.

  5. salam kenal tu sude keluarga besar parsoburan

  6. HORASSS……………………….
    PARSOB…………..
    adong do potoku di salib holong i da………..
    mlo neng lao hmu tu si ajak hamu ma au…..
    au pe nga malungun tu si………..

  7. ingin sekali aq berkunjung ke sana. seperti y t4 y asik,dan saya sangat penasaran pula t4 y seperti ap dan seperti yg dikatakan bapak kita amang M.SIPAHUTAR.

    salam bt huta Parsoburan.

    horas….!!!

  8. Pada hari Sabtu tanggal 27 Peb. 2010 yang lalu, saya dan keluarga baru saja dari Parsoburan, cuma sayang sekali sepertinya belum ada jalan untuk kendaraan menuju ke SALIB HOLONG, padahal ingin sekali rasanya bisa sampai kesana, semoga kiranya pemerintah dapat melihat ini, agar berkenan mau membangunkan jalan menuju ke SALIB HOLONG tersebut.
    Maulieat

  9. Horas di hita saluhut pomparan ni Parsoburan,
    Pada hari kamis tanggal 13 Mei 2010 yang lalu, saya baru saja dari Silaen, karena ada nantulang saya yang meninggal di sana. Besoknya saya teruskan juga ke Parsoburan sembari mengantarkan keluarga ke Buluduri, jalan-jalannya sudah hampir bagus semua, namun ada di beberapa titik yang longsor, oleh karena itu kita perlu ekstra hati-hati untuk melewatinya. Kita sangat mengharapkan pemerintah segera mengambil tindakan, jangan sampai ada dulu yang jadi korban baru ditanggulangi, apalagi nantinya SALIB HOLONG ini bakal ramai dikungjungi orang. Kita sangat, sangat dan sangat mengharapkan perhatian pemerintah, maulite

  10. horas,,, au parborbor do bah…slam knal ma

  11. Syaloom.Siapapun yang nenbuat salib holong itu anda telah melahirkan karya penyebaran injil .Semoga danai sejahtera selalu ada di parsoburan .Juga di Liattondung.GBU

  12. horas… Salib holong dan kebun kopi tersebut adalah milik bpk Kasmin Simanjuntak, sekarang menjabat sebagai bupati Tobasa. Salib tersebut dibangun 5-6 tahun lagi, setelah beliau satu tahun pulang ke tobasa, berdomisili disana dan menjadi kepala desa di desa pardomuan. Awalnya salib dan kebun tersebut ditujukan untuk umum tanpa sedikitpun niatan mencari uang. Masyarakat sekitar diperbolehkan menanam tumbuhan mereka disini dan merawatnya bersama2. siapapun yang datang kesana boleh masuk dan mengambil nanas yang begitu melimpah disana tanpa harus membayar. Hanya saja karena kurang ada nya respon dr masyarakat dan keterbatasan tenaga dr pak Kasmin, area salib tersebut mulai tidak terawat. mudah2an sekarang beliau sudah menjadi orang nomor satu kabupaten itu, dapat menjadikan salib tersebut tujuan wisata dan utk kepentingan bersama, sesuai dngn tujuan awal beliau mengembangkan tempat itu

  13. maaf, mksd saya 5-6 thn yang lalu

  14. Memang saat ini salib tersebut sudah terlantar, dan kalau malam hari sudah tidak dialiri oleh listrik lagi (tidak ada lagi penerangan) di lokasi tersebut. Tujuan awalnya mungkin untuk tempat wisata………

    Ada juga informasi, bahwa bapak Kasmin Simanjuntak juga mau membangun hotel didekat salib tersebut. Apakah sudah terealisasi, mungkin ada yang tau…..

  15. Mengharap kpd putra Habinsaran :”Hamu nama na boi patigorhon angka na mar bengkokan di negaranta on”. Ima pangidoan sian par Maranti.

  16. aku bangga dengan kemajuan kampung kita sendiri,semoga Tuhan membrikan jalan terbaik kepada anak putra-putri sekitarnya supaya kampung halaman bisa kita bangun semakin maju.agar bekenan bagi para pengunjung.
    horas………

  17. HOras ahu parparsoburan Dolok sae,,,,
    molo boi,,, dibahen foto seribu tangga nai jelas,,

    dohot keadaan/bentuk pas disekitar salih Holong i,,,,
    asa semakin banyak pemintna,,,

  18. Horas hita saluhutna! au pe par parsoburan do, hutaku dijanjimauli. Goarni opungku ompu Habinsaran. Jala au tinggal di palembang do. au pe las situtu do rohaku mamereng salib holonghi. Au pe nga hea lewat di salib holong, alai dang sanga hami mampir tusi alani udan tikkii. Adong do famili nami marga tanjung/br simanjuntak guru agama sd dilabuhole hian, goarni anakna si Robert. Semoga Kampung kita semakin berkembang dan Maju..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: