Agustus 2010, KALIBER Dilantik Sebagai Bupati Tobasa


Balige – Agustus 2010 mendatang, pasangan KALIBER bakal dilantik Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Syamsul Arifin SE sebagai Bupati Toba Samosir (Tobasa) periode 2010-2015. Atau seiring berakhirnya jabatan Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus.

Demikian diungkapkan anggota KPUD Tobasa, Pdt Herlan Hutahayan kepada wartawan, Minggu (13/6). “Pelantikan itu diprediksikan paling lambat tanggal 12 Agustus 2010 oleh Gubsu. Karena jabatan Monang Sitorus sebagai Bupati akan berakhir pada tanggal tersebut,” kata Herlan.

Calon Bupati dan Wakil Bupati Tobasa periode St Kasmin Pandapotan Simanjuntak-Liberty Pasaribu SH MSi (KALIBER) telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tobasa dan dikukuhkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi pemenang pada pemilukada 12 Mei lalu.

Menurut Herlan, setelah Ketua KPUD pulang dari Jakarta atau setelah masuk kantor, pihaknya akan menyerahkan berkas penetapan calon Bupati Tobasa terpilih dan dilampiri berkas hasil putusan MK kepada DPRD Tobasa sehingga mereka (DPRD) segera membahas dan menetapkan jadwal pelantikan Bupati terpilih. “DPRDlah yang mengirimkan surat permintaan pelantikan calon Bupati KALIBER kepada Gubsu,” ucapnya.

Biasanya, kata Herlan, jadwal pelantikan berdasarkan Undang-Undang (UU) disesuaikan dengan jadwal kapan berakhirnya masa jabatan Bupati yang masih menjabat.  Artinya, jika Bupati Monang Sitorus dilantik pada tanggal 12 Agustus 2005 lalu, maka calon bupati yang berikutnya akan dilantik 12 Agustus 2010 juga. Namun yang jelas, Bupati terpilih dilantik paling lambat 12 Agustus 2010.

Namun masalah pelantikan, tambahnya, akan digelar dalam sidang Paripurna DPRD Tobasa. Karena merupakan wewenang DPRD bukan wewenang KPUD. “Tugas kita sebagai KPUD hanyalah melakukan segala tahapan hingga ke tahap pemilihan, melakukan penghitungan surat suara, dan melaporkan bupati yang  ditetapkan kepada DPRD,” ungkapnya.

Terpisah, salah seorang tokoh pemuda, Eduard Sibuea terkait pelantikan Bupati nantinya berharap agar Gubsu H Syamsul Arifin SE melantik calon Bupati periode 2010-2015. “Sebagai masyarakat, kita berharap Bupati terpilih segera dilantik Gubsu. Karena kita tidak ingin, pembangunan di daerah ini menjadi terkendala karena lamanya pelantikan,” ucap Eduard.

Menurut Eduard, harapan itu bukan tidak memiliki alas an. Karena dimasa teransisi ini, pemerintahan di Tobasa dinilainya sudah amburadul. Misalnya, malasnya PNS yang masuk kantor dan pulang sebelum waktunya. Kepada Bupati terpilih, hal itu dia minta segera ditangani dengan tujuan dapat membawa perubahan bagi masyarakat Tobasa.

(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: