Komputer Sering Mengalami Blue Screen, Physical Memory Dump, dan Restart Sendiri??

Posted on Updated on


Artikel ini saya copy paste dari blog : Polytechnic Computer Club ,

Kebetulan ada kawan yang mengalami kasus seperti ini , maka saya searching di Mr. Google dan ketemu artikel ini dan saya mohon ijin kepada penulis untuk menerbitkannya di blogku dengan harapan ,Semoga hal ini bisa bermanfaat bagi pengguna windows dan saya mengucapkan terimkasih kepada penulisnya, tabik .

Komputer Anda mungkin pernah mengalami kejadian seperti ini: tiba-tiba ‘blue screen’ (tampilan layar biru), ada pesan error ‘…physical memory dump…’, kemudian komputer restart sendiri. Begitu terus berulang kali. Cuma, kejadian ini tidak bisa dipastikan, dan tidak bisa diprediksi. Kadang muncul, kadang tidak.

Blue screenBlue screen

Dua tiga minggu terakhir ini saya mengalami masalah serupa. Sebuah laptop HP 540, memory 2GB Corsair (1 keping). Ini bukan memory asli/bawaan dari HP/pabrik, tapi sudah diganti/diupgrade sendiri, karena memory bawaan/aslinya cuma 1GB.

Dari beberapa hasil pencarian di Google, pesan error blue screen ternyata bermacam-macam. Masing-masing pesan mengindikasikan penyebab kesalahan yang berbeda-beda. Sayangnya saya kurang memperhatikan persis kalimat error yang muncul di layar sewaktu terjadi ‘blue screen’, sebab yang memakai laptop tersebut bukan saya, tapi adik saya. Berikut kutipannya yang saya ambil dari forum Kaskus:

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya kerok pada BsOD. Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.Daftar Penyebab:
– Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
– Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
– Overclock Hardware yang berlebihan
– Komponen komputer yang kepanasan
– BIOS yang korup
– Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR

Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5.  PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6.  INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7.  VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER

Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9.  PEN_LIST_CORRUPT

Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10.  MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Laptop ini seminggu yang lalu sudah sempat opname di Service Center. Waktu itu kerusakannya ada dua macam, yaitu blue screen (physical memory dump) seperti ini, dan harddisk tiba-tiba tidak terbaca. Hardisk sekarang sudah diganti baru, tapi penyakit blue screen ternyata masih saja muncul.

Dugaan saya, apakah ini karena memory 2GB yang cuma satu keping itu? Apa mesti ditambah lagi 2GB satu keping, supaya seimbang? Atau diganti jadi 2 x 1GB? Apa penyebab blue screen sebenarnya? Apakah ada aplikasi/program yang error? Atau memang musti ganti memory? :( Arghh.., kalau yang terakhir ini, mudah-mudahan jangan! Bagaimana menurut Anda?

About these ads

31 thoughts on “Komputer Sering Mengalami Blue Screen, Physical Memory Dump, dan Restart Sendiri??

    tanjung said:
    8 Maret 2010 pukul 7:57 am

    Komputer yang blue screen yang datang tiba-tiba adalah akibat dari mother board yang kepanasan, ada juga karena phisicaly memory dump, tapi yang paling banyak adalah karena mother board yang sudah usang, laptop saya HP DV2250 sudah parkir di rumah karena masalah tersebut, kalo ganti mother board disini sekitar 1200 atau 2.5 juta rupiah, jadi saya putuskan untuk beli yang baru.
    Laptop memang sangat sensitive yang paling bagus sekarang disini adalah merek Thosiba dan Fujitshu…….hanya saran aja ….Horas Parsoburan, http://www.datupumpangbalasaribu.co.cc

    rizz said:
    3 Juli 2010 pukul 11:21 pm

    registrynya itu yang udah numpuk, sering-sering di bersiin aja pake software tine up utilities atau c-cleaner, karena 1 minggu aja ga di bersiin tu registry, ukurannya bisa ampe 500 mb – 1 gb’an (buat laptop yg tiap hari suka mroses).. ini ni yang bikin berat proses.. itu yang saya tau tentang masalah blue screen.

    akamaru said:
    2 November 2010 pukul 9:52 am

    gan aku punya cpu baru tapi 2 menit langsung ter restart lalu muncul blue scrim…… apa masalahnya itu gan masa cpu baru langsung rusak….

    mohon pencerahannya gan…

    esathea` said:
    3 Januari 2011 pukul 9:29 pm

    tu mah memorynya gan

    Boris said:
    4 Januari 2011 pukul 10:35 pm

    Waktu saya pakai windows xp ga masalah
    tapi waktu windows 7 keluar blue screen
    apa masalah OS nya?

    Chepy_Ahmad said:
    7 Januari 2011 pukul 11:02 pm

    Laptop saya type AXIOO M72SR dual core ram 1g, HD 120g,samaa gan blue screen UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F),solusinya ap gan..<

    saddam ahmed said:
    11 Maret 2011 pukul 10:33 am

    bagaimana solusi nya cara mengatasi
    IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) ?

    orang minta tolong said:
    11 April 2011 pukul 10:03 pm

    mas bluescreen saya udah ketahuan bad_poll_caller terus bagaimana saya membetulkannya?

    indohackerxxx said:
    6 September 2011 pukul 11:53 am

    yah lu nanya admin ny orang admin ny aj ngopas doang

    aa irwan said:
    1 Oktober 2011 pukul 8:54 am

    ya sama ane jg sering nemuin pesan blue screen memory dump. kemungkinan bisa socket memorynya yg sudah aus coz sering bongkar pasang atau socket hdd. wah lumayan nih artikel siap ikut copy paste gan. seep.

    zibul said:
    4 Oktober 2011 pukul 1:32 pm

    thanks… pesan di saya pa ya.. lupa aq… :))

    Hermanto Hje said:
    3 November 2011 pukul 10:12 am

    bermanfaat banget gan infonya. tq

    Galih AmPm said:
    9 November 2011 pukul 5:42 pm

    COPO INFONYA

    leosiahaan2 said:
    28 Desember 2011 pukul 9:23 pm

    jjjjjj

    Yadie said:
    7 Januari 2012 pukul 3:48 pm

    thank’s for all info… alnya krng lgi ngalamin blue screen mulu…. euy.

    vany said:
    28 Februari 2012 pukul 6:49 pm

    kalau saya mengalami dumping cuma beberapa kali tapi jarang banget. terjadi kalo laptopnya mbuka program yang berat. disamping kejadian tsb, terdapat pesan dari windows untuk menginstal driver Intel Acceleration… akhirnya saya instal, lalu gak ada masalah lagi.
    beberapa waktu kemudian muncul lagi dumpingnya… apa yg harus saya lakukan?

    ryu said:
    14 Maret 2012 pukul 9:35 am

    permasalahan yg sama pernah terjadi pada saya, memori yg kena, coba pake memtest walaupun baru kadang ada cacat di ic memorinya tp tidak semua. jadi masih jalan dan klo pas kena di alamat memori yg bad langsung bluescreen. bawa lagi tuh memori ke toko penjual dan minta dituker ma yg laen. langsung sip :D

    enrio fauzan said:
    3 April 2012 pukul 7:28 pm

    kalo saya sih dump phisical erro’a itu cepet banget gan… nge restart trus normal… trus nongol lagi … kayanya sih gara2 overclcok –a

    cara benerinnya gimana yah gan –a
    tanpa nginstal ulang kalo bisa

    irfan said:
    8 Agustus 2012 pukul 11:00 am

    saya juga nieh akang2 padahal baru upgrade HD jd 250 GB (aslinya 160) sama RAM jd 2 GB (aslinya 1 GB) tp tetep blue screen atw engga hang sendiri..
    ada yg bisa bantu ga
    ane pake netbook acer aspire d255

    [...] Sumber: http://habinsaran.wordpress.com/2009/10/02/komputer-sering-mengalami-blue-screen-physical-memory-dum… Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. [...]

    putra said:
    19 Oktober 2012 pukul 7:26 am

    Terimakasih atas ilmunya…
    bapak, bagaimana jika notebook bluescreen HANYA Ketika sedang browsing…
    kira2 apa penyebabnya dan apa solusinya..
    terimakasih..

    Cekidot said:
    15 November 2012 pukul 8:13 pm

    notebook saya juga sering begitu BSOD,dalam sehari bisa 10 kali blue screen macem2 tuh bahkan saking seringnya sampai2 hardisk saya rusak ganti baru deh…terkadang kesalahany bukan dari driver tapi dari Windowsnya sendiri…akhirnya ketemu deh solusinya cukup dengan “Speedypc Pro” hehehe insyaallah permasalahan anda selesai…monggo dicoba tapi kalau masih juga muncul BSODnya waduh dah lepas tangan deh..

    TIAR said:
    15 Desember 2012 pukul 8:30 am

    komputer saya juga sering seperti itu, dan bawaan memory nya 512mb, tapi saya malah nambahin 1gb, lah kalo di pasang 1gb aja bisa normal kan?

    Anonymous said:
    12 Januari 2013 pukul 11:12 am

    Coba agan2 setting di Virtual Memory, tanda centang yang di automatic dihilangkan dan pilih Custom *initial size (Memory agan) dan *maximum size (kelipatan dari initial size) seumpama *initial size 1024, isi *maximum size 2048 trus klik set dan restart Leptop/Kompi agan…. Leptop ane ga ada masalah tu gan setelah ane set, Ram ane cuma 1Gb. Semoga bermanfaat…

    Marilynn said:
    21 Februari 2013 pukul 4:10 am

    “Komputer Sering Mengalami Blue Screen, Physical Memory Dump, dan Restart Sendiri?

    ? | HABINSARAN – PARSOBURAN” ended up being a very good post.
    If it owned alot more images this might be perhaps even far better.
    Regards ,Trinidad

    eran said:
    21 September 2013 pukul 4:08 am

    saat ini laptop saya juga sering terjadi blue screen apabila saya instal anti virus misal avast free..or avira free.tp saya instal nya satu”,tidak bersamaan.kalau gak ada ke2 anti virus itu laptop lancar,ni solusinya gimana ya rekan”?

    Ozy L0caLHosT said:
    31 Oktober 2013 pukul 1:50 am

    wkwkwk physical dump memory dikarenakan Memory nya, jelas disana tertulis … gw juga awalnya bingung …

    Memory gw awalnya 756 MB gw beli PC diorang (3x256MB)
    terus gw tambah setengah, jadi ( 512MB x 2 – 256MB x 2 )

    awalnya nyaman, tapi akhir2nya sering bluescreen, gw tiap hari begadang , cari solusi … tetep gatot …

    yah akhirnya gw mutusin lepas memory 256MB gw 2-2 nya, dan saat gw ngetik ini, masih aman … g ada kendala lagi …

    why said:
    16 November 2013 pukul 6:41 pm

    phisical dump memory muncul setelah konek hotspot tertentu dan tidak semua hotspot dump memory.apa sebabnya ???mhn solusinya

    arief said:
    5 Februari 2014 pukul 3:20 pm

    gan kalo masalahnya kernel_data_inpage_eror itu apa ya masalahnya??
    apakah masalhny pada hardwarenya…

    angahudin said:
    15 Maret 2014 pukul 5:50 pm

    says pernah juga ngalami gal yg sama do rest or ga jalan masih terus akhirnya masuk set mode do unistal anti virus semua eh laptop jadi normal lagi, rupanya virus numpuk do anti virus by a yg bikin masalah….

    hamba tuhan said:
    10 April 2014 pukul 2:04 pm

    komputer saya baru ni, procie AMD Apu A4 ,Mobo A55 FM5 ,Ram4gb 1card. pas install win7 kok skrg sering blue screen ya? program gk bnyak cm kaspersky, tune up utily 2014 doank, slebih nya cm software standard. mohon bantuan nya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s